Mau Mudik Lebaran Pakai Mobil? Ini Tips Mudik Tanpa Macet Berjam-jam!

Macet selama masa mudik jadi hal yang sulit dihindari, terlebih ketika mudik dengan jalur darat sebab tiap tahunnya jumlah masyarakat yang mudik meningkat dan sebagian besar memilih kendaraan pribadi sebagai pilihannya. Simak tips mudik tanpa macet berjam-jam!

Mau Mudik Lebaran Pakai Mobil? Ini Tips Mudik Tanpa Macet Berjam-jam!
Mau Mudik Lebaran Pakai Mobil? Ini Tips Mudik Tanpa Macet Berjam-jam. Gambar : CNBC Indonesia/Tri Susilo

BaperaNews - Mudik selalu menjadi tradisi tiap tahunnya di masa Lebaran, perjalanan mudik lebaran 2023 tentu terasa lebih menyenangkan jika terhindar dari kemacetan. Namun, macet selama masa mudik jadi hal yang sulit dihindari, terlebih ketika mudik dengan jalur darat sebab tiap tahunnya jumlah masyarakat yang mudik meningkat dan sebagian besar memilih kendaraan pribadi sebagai pilihannya.

Mudik 2023 ini diperkirakan lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya karena PPKM telah dicabut, sebab itu perlu disiapkan strategi perjalanan yang baik agar terhindar dari kemacetan. Berikut sejumlah tips mudik lebaran 2023 tanpa macet berjam-jam yang bisa dilakukan untuk perjalanan mudik yang lebih menyenangkan.

Tips Mudik Lebaran 2023

  • Perjalanan H-4 Lebaran

Mudik dipastikan akan lebih macet pada H-2 Lebaran, sebab waktu tersebut yang paling banyak dipilih masyarakat. Maka jika mudik lebih awal misalnya H-4 Lebaran jalan belum terlalu padat dan bisa terhindar dari kemacetan berjam-jam serta bisa memiliki waktu berlibur lebih lama di kampung halaman. 

Baca Juga : Mudik Gratis Polri 2023: Jadwal, Syarat, Rute, Hingga Waktu Keberangkatan

  • Cek Kondisi Lalu Lintas dengan Aplikasi

Google Maps bisa dipakai untuk memeriksa kepadatan di jalur mudik yang ingin dilewati, jika muncul pemberitahuan macet panjang, bisa langsung mencari jalan alternatifnya.

  • Berangkat Malam Hari

Berangkat malam hari seperti pukul 12 atau 1 dini hari lebih sepi, banyak orang terlelap istirahat dan tidak melakukan mobilitas di jalan. Namun pastikan sopir dalam keadaan fit, tidak mengantuk mengingat jalanan di malam hari cenderung lebih gelap dan sepi.

  • Pantau Informasi Tentang Arus Mudik

Pantau informasi tentang arus mudik di televisi atau media berita mudik lainnya sebagai gambaran dan tolak ukur untuk memilih jalur yang bebas dari kemacetan.

  • Kondisi Kendaraan Harus Baik

Kendaraan yang dipakai untuk mudik harus dalam keadaan baik, pastikan kendaraan telah disservice atau diperiksa ke bengkel sebelum dipakai mudik lebaran 2023. Jika sampai mengalami kendala pada kendaraan, dipastikan mudik akan terhambat.

Itulah tips menghindari kemacetan selama mudik lebaran 2023. Pemerintah telah menetapkan hari libur dan cuti lebaran lebih awal sejak 19-25 April sehingga masyarakat bisa mulai mudik pada 18 April sore atau malam atau 19 April pagi, dengan demikian bisa terhindar dari penumpukan arus mudik yang biasanya terjadi pada H-2 atau H-1 Lebaran. 

Baca Juga : Apakah Diskon Tarif Tol Akan Berlaku di Mudik Lebaran 2023? Ini Kata BPJT