Selamat Ulang Tahun Ke 61 Presiden Jokowi, Ini Pekerjaan Jokowi Sebelum Menjadi Presiden

Pada tanggal 21 Juni 2022 Presiden Indonesia berulang tahun yang ke 61 dan Tahun ini merupakan tahun ke delapan Jokowi dalam memimpin Negara Indonesia, Simak profil Jokowi.

Selamat Ulang Tahun Ke 61 Presiden Jokowi, Ini Pekerjaan Jokowi Sebelum Menjadi Presiden
Selamat ulang tahun Ke 61 Presiden RI Jokowi. Gambar : REUTERS/Willy Kurniawan

BaperaNews - Hari ini pada tanggal 21 Juni 2022 ialah hari spesial bagi Presiden Jokowi, hari ini merupakan hari kelahirannya. Presiden Jokowi lahir dari pasutri Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961.

Tahun ini merupakan tahun ke delapan Jokowi dalam memimpin Negara Indonesia, ucapan selamat ulang tahun untuk Jokowi pun ramai diberikan dan jadi top trending di Twitter. Banyak warganet yang mengucapkan selamat ulang tahun untuk Jokowi, mendoakan kebaikan dan panjang umur untuknya.

Jokowi menikah dengan Iriana di Solo pada tahun 1986, dikaruniai tiga orang anak yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Jokowi juga sudah memiliki tiga cucu yakni Jan Ethes, Sedah Mirah, dan La Lembah Manah.

Dilansir dari laman Perpusnas, Jokowi sejak kecil hidup sederhana bersama keluarganya di sebuah rumah kontrakan di tepi sungai Solo, Jokowi sempat bekerja di usaha meubel milik pamannya dan kemudian membuat bisnis sendiri.

Jokowi dulunya ialah seorang pengusaha meubel yang tekun dan sukses. Ia melanjutkan pendidikan dan lulus dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta, kemudian mengawali karir di dunia pemerintahan dengan menjadi Walikota Surakarta.

Berikut Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan Jokowi Sebelum Menjadi Presiden :

Riwayat Pendidikan :

  • SDN III Tirtoyoso Solo
  • SMP N 1 Solo
  • SMAN 6 Solo
  • Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta

Pekerjaan :

  1. Eksportir mebel
  2. Walikota Surakarta tahun 2005 – 2010
  3. Walikota Surakarta tahun 2010 – 2015
  4. Gubernur DKI Jakarta tahun 2012- 2017

Baca Juga : Serba-Serbi Ultah Jokowi : Tampak Sedih Dan Menanggung Tanggung Jawab Besar

Organisasi :

  1. Ketua Pertambangan dan Energi KADIN Surakarta tahun 1992 – 1996
  2. Ketua ASMINDO Komda Surakarta tahun 2002 - 2007

Jokowi ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta yang berpasangan dengan Basuki Purnama (Ahok) dan Pada tahun 2014, Jokowi diangkat menjadi Presiden Indonesia yang berpasangan dengan politikus senior Jusuf Kalla.

Ia kembali terpilih menjadi Presiden Indonesia ketika menang Pilpres tahun 2019 lalu. Ada Sembilan partai yang mendukungnya kala itu, yakni PDIP, Golkar, NasDem, PPP, PKB, Perindo, PSI, PKPI, dan Hanura.

Jokowi termasuk salah satu Presiden Negara yang menjadi sorotan dunia, hal ini berhubungan dengan majunya Indonesia selama dipimpin olehnya. Berupa sejumlah perkembangan terjadi mulai dari ekonomi, pembangunan sistem jalan dan transportasi, hingga keberhasilan dalam menangani pandemi Covid 19.