Catat! Ini Empat Ruas Jalan Tol Yang Akan Terapkan Ganjil - Genap Pada Libur Nataru

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan menerapkan ganjil genap di empat ruas jalan tol pada libur nataru. Berikut empat ruas jalan tol yang akan terapkan ganjil genap saat libur nataru !

Catat! Ini Empat Ruas Jalan Tol Yang Akan Terapkan Ganjil - Genap Pada Libur Nataru
Jalan tol BMN milik induk usaha, PT Nusantara Infrastruktur Tbk yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Gambar : PT. Marga Utama Nusantara

BaperaNews - Periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 yang tinggal menghitung hari. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) punya rencana untuk menerapkan ganjil genap di empat ruas jalan tol pada libur Nataru nanti.

Rencanaya, penerapan ganjil genap di ruas jalan tol ini akan mulai berlaku pada 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Keempat jalan tol tersebut adalah Tol Tangerang – Merak, Tol Bogor – Ciawi – Cigombong, Tol Cikampek – Palimanan – Kanci, dan Tol Cikampek – Padalarang – Cileunyi.

Dilansir dari Kompas.com, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pemberlakuan ganjil genap ini memiliki tujuan untuk mengantisipasi pelaku perjalanan dengan mobil pribadi saat libur Nataru 2022.

“biasanya kalau diterapkan ganjil – genap, pergerakan bisa turun sampai 30 persen," ujar dia di Jakarta belum lama ini.

Menhub kembali menjelaskan bahwa upaya pembatasan ini bercermin pada kejadian tahun 2020 lalu dimana terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang eksponensial akibat melonjaknya aktivitas masyarakat.

"Kita melihat terjadi euforia aktivitas masyarakat sehingga mengakibatkan peningkatan angka terkonfirmasi positif yang cukup signifikan," tandasnya.

Selain penerapan ganjil – genap, Kemenhub juga akan melakukan buka tutup rest area, oneway, contraflow, serta melakukan random sampling di rest area atau tempat-tempat yang nantinya ditetapkan.

Dalam aksinya, kemenhub akan mengkoordinasikan dan memastikan kesiapan operasionalisasi angkutan umum selama nataru dengan melakukan kesiapan dan kelaikan operasi armada di setiap moda dengan ramp check.

“Tentu kita lakukan konsolidasi bersama tni polri dan stakeholders dan bersama sama membuat posko-posko dan oleh karenanya kita selalu mengimbau kepada pemda untuk melakukan posko check point di daerah kedatangan dan keberangkatan,” tandas nya.

Kebijakan ini dilakukan untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19 dan mobilitas masyarakat selama periode libur Nataru.

Namun hingga saat ini, keputusan terkait sistem ganjil genap di jalan tol belum pasti diberlakukan. Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan kebijakan tersebut masih akan dikaji lagi.

"Kami masih akan membahas lagi bersama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri ya," ujarnya

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Reza Febriano menjelaskan bahwa dengan adanya kebijakan tersebut tampaknya tidak memberikan dampak yang besar bagi Jasa Marga.

"Sejauh ini potensi adanya penurunan volume lalu lintas tidak terlalu signifikan saat diberlakukan kebijakan ganjil genap tersebut,” kata Reza.

Malahan, Reza memprediksi bahwa akan ada kenaikan volume lalu lintas harian pada momen Nataru mendatang.

“Pada periode Nataru (20 Desember 2021 – 4 Januari 2022) diproyeksikan ada kenaikan volume lalu lintas harian sebesar 11 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya, yakni 2021,” terangnya.