AS Kirim Rudal Patriot Ke Polandia, Tangkal Ancaman Rusia

AS kirim bantuan rudal Patriot ke Polandia sebagai bentuk bantuan dalam peningkatan pertahanan para negara yang merupakan anggota dari NATO dari ancaman invasi Rusia!

AS Kirim Rudal Patriot Ke Polandia, Tangkal Ancaman Rusia
AS Kirim Rudal Patriot Ke Polandia, Tangkal Ancaman Rusia. Gambar: AFP/ Jack Guez

BaperaNews - Polandia telah menerima bantuan rudal Patriot dari pihak Amerika Serikat sebagai bentuk peningkatan pertahanan para negara yang merupakan anggota dari NATO. Hal ini dilakukan seiring dengan perkembangan berbagai ancaman invasi yang tengah berlangsung dari Rusia ke Ukraina.

Adam Miller (Juru Bicara Komando Eropa AS) memberikan penjelasan bahwa Amerika Serikat juga akan mengirimkan baterai rudal Patriot berjumlah dua unit kepada pihak Polandia.

“Sesuai dengan instruksi yang telah diberikan oleh Jenderal Wolters (Komandan EUCOM) serta Menteri Pertahanan serta permintaan langsung dari pihak Polandia, akhirnya mereka memerintahkan kepada para tentara Afrika dan Eropa untuk segera mengirimkan bateri Patriot berjumlah dua unit kepada Polandia,” kata Adam Miller (Juru Bicara Komando Eropa AS), dikutip dari unggahan yang dilakukan oleh media CNN pada hari Rabu, 9 Maret 2022.

Kemudian ia pun menambahkan bahwa,” Keputusan ini dilakukan sebagai langkah dalam memberikan perlindungan yang cermat dan sudah disesuaikan dengan komitmen pada Pasal 5. Namun keputusan ini bukanlah termasuk dalam kategori operasi penyerangan.”

Baca Juga: Ini Dia! Dua Brand Indonesia Yang Benar-Benar Hadir Di Paris Fashion Week

Merujuk pada kesepakatan yang tercantum pada Pasal 5, Adam Miller (Juru Bicara Komando Eropa AS) pun menjelaskan jika ada satu negara yang termasuk dalam anggota NATO mendapatkan serangan, itu sama saja melakukan serangan kepada semua anggota NATO. 

“Langkah dan keputusan yang kami lakukan hanya sebagai upaya pencegahan terjadinya agresi dan untuk memastikan semua anggota (sekutu) kami dalam kondisi aman,” kata Adam Miller (Juru Bicara Komando Eropa AS) pada hari Selasa, 8 Maret 2022. 

Sejak negara Rusia melakukan invasi kepada Ukraina, memang Amerika Serikat langsung memberikan respon dalam bentuk bantuan pertahanan kepada semua sekutunya (anggota NATO) khususnya untuk negara yang berada pada kawasan sekitar terjadinya konflik. Karena wilayah sekitar konflik memang dianggap lebih rawan. Apalagi yang letaknya berbatasan langsung dengan Ukraina seperti salah satunya adalah Polandia.

Di sisi lain, pihak NATO pun terus berusaha untuk tidak melibatkan dirinya dalam invasi yang dilakukan oleh Rusia ke Ukraina tersebut. Kekhawatiran paling besar adalah semakin meluasnya konflik dan beresiko timbulnya perang.

Sebelum memberikan pengumuman resmi terkait dengan upaya mengirim bantuan rudal Patriot ke Polandia, Amerika Serikat sempat menolak terkait dengan keputusan Pemerintah Polandia yang hendak membantu Ukraina dengan memberikan Jet Tempur melalui pangkalan militer Amerika Serikat yang berada di Jerman.

Baca juga: Kemenkumham Minta Maaf Soal Temuan Penyiksaan Di Lapas Yogyakarta