Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Presiden Jokowi dikabarkan akan melantik Bambang  Susantono sebagai Kepala Otorita IKN (Ibu Kota Negara) pada hari Kamis (10/3/22). Simak berita lengkapnya!

Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN
Bambang Susantono, Calon Kepala Otorita IKN Hari Ini. Gambar : Detik.com/ Dok. Rachman H

BaperaNews - Presiden Jokowi dikabarkan akan melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN (Ibu Kota Negara) baru, Nusantara, pada hari Kamis 10 Maret 2022. Menurut seorang sumber dari dalam lingkungan pemerintah, Jokowi sudah memutuskan Bambang menjadi pemimpin di Nusantara nantinya. “Iya, besok akan dilantik” ujar seorang sumber tersebut pada hari Rabu 9 Maret 2022.

Sejauh ini, sumber tersebut sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia, belum menjelaskan lebih lanjut kapan waktu tepatnya pelantikan Bambang  Susantono sebagai Kepala Otorita IKN akan dilakukan. Kepala Staf Presiden (Moeldoko), Sekretaris Kabinet (Pramono Anung), dan Menteri Sekretaris Negara (Pratikno) sudah dihubungi namun belum ada yang memberi respon, Bambang sendiri juga belum merespon ketika dihubungi.

Bambang Susantono ialah mantan Wakil Menteri Perhubungan di Kabinet Indonesia Bersatu II 2010-2014, ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bagian Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur pada tahun 2007-2010.

Baca Juga: AS Kirim Rudal Patriot Ke Polandia, Tangkal Ancaman Rusia

Namanya turut diperbincangkan sebagai salah seorang calon Kepala Otorita IKN di Ibu Kota Negara Baru, terlebih dia juga seorang yang non partai, jadi sesuai dengan kriteria yang disampaikan dan diinginkan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memang menyampaikan Kepala Otorita IKN nanti bukan kader partai politik, dia juga menjelaskan bahwa latar belakangnya diutamakan seorang artistek. “Mungkin minggu ini akan ditentukan, minggu depannya sudah kita lantik, non partai orangnya” ujar Jokowi di NasDem Tower Jakarta hari Selasa 22 Februari 2022 lalu.

Mendagri Tito Karnavian juga menyampaikan Ibu Kota Negara baru nantinya akan sama levelnya dengan Provinsi dan yang memimpin setingkat menteri. Kepala Otorita IKN juga akan diberi banyak kewenangan untuk mensukseskan dan memimpin pembangunan Ibu Kota Negara baru. “Sehingga dia leluasa dan punya fleksibilitas untuk mengatur kawasannya agar tidak terikat dengan lembaga atau kementerian” ujarnya.

Selama masa pembangunan, Otorita IKN akan berkantor sementara waktu di Balikpapan, Kaltim dan di Jakarta, perkiraan penempatan kantor sementara selama satu sampai dua tahun dan akan punya markas resmi setelah Ibu Kota Negara resmi dipindahkan.

“Ada sekretariat IKN, lintas kementrian sedang dipersiapkan oleh Bappenas, di Balikpapan dan juga ada di Jakarta karena kan masih transisi, kantor akan ditempati para perwakilan lembaga atau kementrian yang mengurus pembangunan IKN” ujar Tenaga Ahli Utama KSP, Wandy Tuturoong dalam keterangan tertulisnya hari Selasa 8 Maret 2022.

Baca juga: Kemenkumham Minta Maaf Soal Temuan Penyiksaan Di Lapas Yogyakarta