Gempa Turki-Suriah: 28 Ribu Orang Tewas, 5 Juta Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Dampak gempa Turki-Suriah saat ini telah membuat 28 ribu orang tewas dan 5 juta orang kehilangan tempat tinggal.

Gempa Turki-Suriah: 28 Ribu Orang Tewas, 5 Juta Warga Kehilangan Tempat Tinggal
Gempa Turki dan Suriah sudah capai 28 ribu orang tewas. Gambar : REUTERS/Sertac Kayar

BaperaNews - Total sudah ada 28 ribu korban tewas akibat gempa di Turki dan Suriah pada Senin (6/2) lalu. Angka tersebut ialah laporan terbaru per Minggu pagi (12/2), jumlah detailnya ialah 28.192 jiwa telah meninggal dunia.

WHO menyebut setidaknya ada 26 juta orang di Turki dan Suriah terdampak gempa bumi, PBB  juga mengingatkan ada 870 ribu orang sedang membutuhkan bantuan makanan hangat di Turki dan Suriah, mengingat saat ini cuaca sangat dingin sedang mendera Negara tersebut.

Di Suriah, sekitar 5,3 juta orang kehilangan rumahnya akibat gempa. WHO menggelontorkan bantuan US$ 4,2 juta untuk membantu kebutuhan kesehatan mendesak bagi korban gempa Turki dan hal lain yang diperlukan. Diketahui, gempa di Turki merusak sejumlah rumah sakit, butuh dana besar untuk penanganan dan bantuan kesehatan para korban.

Sekjen WHO Tedros Adhanom mendarat di Aleppo dengan membawa peralatan medis. “Saya sangat sedih melihat kondisinya, cuaca beku dan akses untuk tempat berlindung sangat terbatas. Makanan, air, dan kehangatan serta medis sangat dibutuhkan korban” tuturnya.

Baca Juga : Bayi Baru Lahir Selamat Tertimbun Puing Bangunan Usai Gempa Suriah

Setelah Turki gempa, seluruh masyarakat dunia bergerak, sudah lebih dari 32 ribu relawan terlibat dalam upaya pencarian dan penyelamatan korban, 8.294 diantaranya dari internasional. Para relawan juga memberi bantuan dan memberi makan korban.

“Kami ingin membantu, rekan kami sedang berada di kondisi yang buruk, keluarga mereka jadi korban, rumah mereka juga hancur” ujar seorang pemilik restoran bernama Imam Cadgas yang turut membantu para korban.

Restoran milik Cadgas memberi makanan gratis untuk korban gempa. Jumlah korban gempa Turki yang tewas hingga luka-luka yang terdata terus bertambah, korban luka mencapai 80 ribu orang. Para korban banyak yang tinggal di pengungsian. Berikut daftar bantuan yang sedang sangat dibutuhkan para korban gempa Turki dan Suriah.

Daftar Bantuan yang Sangat Dibutuhkan Para Korban Gempa Turki dan Suriah :

  • Pakaian musim dingin seperti jaket, sweater, kaos kaki, sepatu, dan pakaian dalam.
  • Selimut tebal.
  • Perlengkapan tidur.
  • Air bersih dan makanan hangat.
  • Susu formula bayi dan makanan anak-anak.
  • Peralatan lain seperti termos, senter, power bank, alat penghangat, dan lainnya untuk memasak, menghangatkan tubuh, dan mendapat penerangan yang memadai.
  • Popok bayi dan popok lansia.
  • Pembalut wanita.

Baca Juga : Ronaldo, Haaland Hingga Messi Lelang Jersey Untuk Gempa Turki