Bulog Jamin Stok Beras Aman Saat Ramadhan dan Idul Fitri 2023

Pemerintah menjamin stok beras aman saat bulan Ramadhan dan masa Idul Fitri 2023, satgas pangan juga diterjunkan untuk melakukan pengawasan.

Bulog Jamin Stok Beras Aman Saat Ramadhan dan Idul Fitri 2023
Bulog Jamin Stok Beras Aman Saat Ramadhan dan Idul Fitri 2023. Gambar: ANTARA FOTO/ Asep Fathulrahman

BaperaNews - Dirut Perum Bulog Budi Waseso menjamin stok beras aman selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 2023. “Stok beras aman untuk Ramadhan dan Idul Fitri 2023, kemarin Pak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga sudah sampaikan itu. Pak Presiden Jokowi juga sudah cek ke Pasar di Medan secara keseluruhan, jadi kebutuhan sudah ada semua” tutur Budi pada Jumat (10/2).

Selain itu, Satgas Pangan akan melakukan tindak lanjut jika ada penyelewengan sembako, termasuk beras. “Informasi tentang penyebaran beras diawasi langsung oleh Satgas Pangan, karena ini kan sudah jadi tugasnya kepolisian” imbuhnya.

Jika stok beras tersendat, inflasi nasional bisa naik, sebab beras ialah bahan makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Cadangan Beras Pemerintah (CBP) juga jadi salah satu dasar ukur ketahanan pangan, maka harus dijaga ketersediaannya. Jika beras minim stoknya, maka harga di pasaran bisa naik dan bisa membuat inflasi naik.

“Kita ukur segala sesuatunya dari beras, mau tidak mau beras tolak ukurnya, karena kebutuhannya beras, beras ini menyumbang inflasi, baik menekan atau meningkatkan” bebernya.

Baca Juga : Mendag Batalkan Syarat Beli MinyaKita Pakai KTP

Beras sendiri akhir-akhir ini jadi perhatian karena harganya terus naik, Budi mengungkap harga beras ini naik karena beras impor dari Bulog dioplos. Beras impor kualitasnya premium, namun harganya medium.

Adanya tindakan nakal dari para pengoplos ini membuat Satgas Pangan gencar melakukan operasi, operasi yang dilakukan Bulog juga tidak maksimal, padahal beras selalu jadi target operasi pasar.

“Kemarin juga ditemukan ada beras Bulog diganti karungnya dengan merk lain, dijual dengan harga premium sampai konsumen bisa Rp 12-13 ribu, itu yang membuat harga beras terus naik, tidak turun” pungkas Budi Waseso.

Beras memang jadi salah satu bahan makanan utama paling banyak dipakai masyarakat Indonesia, terlebih di musim menjelang ramadhan dan idul fitri, beras jadi salah satu kebutuhan untuk pangan harian.

Beras juga biasa menjadi salah satu bahan untuk hantaran atau hampers yang sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia. Sebab itu stok beras aman ini dipastikan harus ada dengan harga yang juga terjangkau agar beras tetap bisa dinikmati semua kalangan dengan mudah selama bulan ramadhan dan idul fitri 2023 mendatang.

Baca Juga : Jual MinyaKita Online, Ribuan Akun Media Sosial Pedagang Diblokir