Resmi! Lowongan CPNS Akan Dibuka September 2023, Ada 1 Juta Formasi

MenpanRB menyatakan bahwa seleksi CPNS 2023 akan dimulai September 2023 mendatang, dengan 1 juta formasi. Simak berita berikut!

Resmi! Lowongan CPNS Akan Dibuka September 2023, Ada 1 Juta Formasi
Resmi! Lowongan CPNS Akan Dibuka September 2023, Ada 1 Juta Formasi. Gambar : Dok Kompas.com

Baperanews - Seleksi rekrutmen CPNS 2023 telah temukan titik terang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengumumkan seleksi CPNS akan dimulai pada September 2023 mendatang.

“Rekrutmen CPNS 2023 Dibuka September 2023, ini kita tetapkan dulu formasinya. Sudah kami usulkan kepada Kementerian Keuangan dan lembaga juga” tutur Anas hari Senin (12/6).

Anas juga mengaku telah menyampaikan rencana seleksi lowongan CPNS 2023 ini kepada Presiden Jokowi. Pernyataan resmi dari Anas ini menjadi penjawab dari kabar simpang siur CPNS 2023 yang sebelumnya dirasa meragukan karena hingga pertengahan tahun belum ditetapkan formasi maupun jadwalnya.

Kebutuhan Formasi CPNS 2023

Rencana lowongan CPNS 2023 jumlah formasi yang dibuka untuk ASN (Aparatur Sipil Negara) 2023 ialah 1.030.751 yang terdiri dari CPNS dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Rinciannya ialah :

  • 46.666 kebutuhan ASN pemerintah pusat
  • 943.373 kebutuhan ASN pemerintah daerah
  • 6.256 dari Sekolah Kedinasan

Pihak Kemenpan RB saat ini sedang siapkan jadwal atau tahapannya dan kebijakan terkait penyelenggaraan lowongan CPNS 2023. Sedangkan untuk jumlah formasi di tiap instansi atau lembaga masih dalam proses finalisasi. Masih dilakukan validasi sesuai usulan dari masing-masing instansi.

“Kami saat ini masih memaksimalkan proses validasi dari usulan kementerian atau lembaga pemerintah daerah khususnya prioritas di bidang kesehatan dan pendidikan” lanjutnya.

Usulan tersebut terdiri dari struktur organisasi, beban kerja, eksisting pegawai, jumlah kebutuhan ASN, dan lamanya masa kerja PPPK.

Baca Juga : Dibuka Khusus Talenta Digital di Rekrutmen CPNS 2023!

CPNS 2023 Prioritas untuk Fresh Graduate

Anas menyebut pihaknya juga memberi prioritas kepada lulusan baru atau fresh graduate untuk mendaftar di dunia talenta digital sebagai bentuk dukungan upaya digitalisasi pemerintah.

“Untuk fresh graduate yang diutamakan talenta digital. Fresh graduate ini nantinya sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat yang dibutuhkan oleh lembaga, daerah, dan kementrian. Jadi rekrutmen CPNS 2023 ini mengakomodasi teman-teman non ASN yang sudah lama mengabdi kepada negara dan teman-teman fresh graduate” pungkas Anas.

Sejumlah formasi lain yang dibuka ialah hakim, dosen, jaksa, dan tenaga teknis lainnya, Informasi tentang jadwal CPNS 2023 secara detail dan jumlah formasi yang dibutuhkan akan disampaikan setelah ada finalisasi dari semua komponennya.

Baca Juga : MenpanRB Umumkan Seleksi CPNS Dibuka September Mendatang!