Diundur Jadi 23 Maret 2023, Simak Syarat Daftar Mudik Gratis Kapal Laut

Kemenhub mengundur pendaftaran mudik gratis kapal laut menjadi Kamis, 23 Maret 2023. Oleh karena itu, yuk simak terlebih dahulu syarat daftar mudik gratis kapal laut Kemenhub.

Diundur Jadi 23 Maret 2023, Simak Syarat Daftar Mudik Gratis Kapal Laut
Syarat Daftar Mudik Gratis Kapal Laut. Gambar : Tirto.id/Dok. Andrey Gromico

BaperaNews - Pendaftaran mudik gratis kapal laut dari Kemenhub diundur menjadi Kamis, 23 Maret 2023. Sebelumnya Kemenhub mengumumkan membuka pendaftaran pada Senin (20/3).

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Dirjen Perhubungan Laut Sriyadi mengungkap alasan diundurnya pendaftaran mudik gratis kapal laut karena masalah kesiapan aplikasi.

“Iya, diundur pendaftarannya, karena menunggu kesiapan aplikasi” tutur Sriyadi pada Senin (20/3). Sri menuturkan pembukaan pendaftaran masih lama, baru ditutup pada 5 April 2023. Sedangkan untuk jadwal, rute, dan syaratnya masih sama.

Rute dan Jadwal Mudik Gratis Kapal Laut

Mudik gratis kapal laut Kemenhub dengan moda transportasi kapal laut ini tidak hanya melayani pengangkutan orang, namun juga kendaraan motor pesertanya. Mudik tersedia di satu rute yakni di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah.

Perjalanan mudik memakai kapal KM Dobonsolo dengan jadwal mudik pada 15 dan 17 April 2023 serta arus balik pada 25 dan 28 April 2023.

Mudik diawali dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas, sedangkan arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca Juga : Pemprov DKI Jakarta Berikan Mudik Gratis 2023, Cek Syarat, Kuota dan Daftar Tujuannya!

Ketentuan dan Syarat Daftar Mudik Gratis Kapal Laut

Masyarakat yang berminat ikut mudik harus memenuhi ketentuan dan syarat daftar mudik gratis kapal laut Kemenhub berikut ini :

  • Mendaftar online melalui https://mudikgratis.dephub.go.id dan memilih moda tranportasi kapal laut
  • Memiliki KTP, memiliki SIM C dan STNK bagi yang membawa motor, memiliki KK bagi yang membawa anak
  • Melakukan verifikasi pendaftaran di posko yang telah tersedia dengan membawa identitas diri selambatnya 2x24 jam setelah berhasil mendaftar secara online
  • Kondisi motor yang dibawa harus layak jalan, tidak ada modifikasi tambahan yang mengganggu proses pengangkutan, tidak diberi box tambahan di samping atau kanan kiri atau belakang motor, jumlah helm sesuai jumlah penumpang, dan BBM di dalamnya maksimal hanya 1 liter
  • Motor hanya boleh terdiri dari maksimal dua orang dewasa dan satu anak balita
  • Seluruh peserta sudah mendapat vaksin covid19

Cara Daftar Mudik Gratis Kapal Laut

Pendaftaran mudik gratis kapal laut Kemenhub dibuka mulai 23 Maret 2023 melalui https://mudikgratis.dephub.go.id. Laman tersebut baru bisa diakses setelah pendaftaran dibuka.

Peserta bisa mendaftar dari menu “Daftar Kapal Laut” dan mengisi data diri, jadwal keberangkatan sesuai rencana. Selanjutnya, lakukan verifikasi ke posko lokasi yang diberitahukan di laman pendaftaran mudik gratis kapal laut Kemenhub maksimal 2 hari setelah mendaftar.

Verifikasi dilakukan tiap Senin-Minggu mulai 22 Maret-7 April 2023 pukul 09.00-16.00 WIB yakni di Kantor Kemenhub Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 8 Jakpus atau di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakut.

Untuk mudik gratis kapal laut Kemenhub ini menyediakan kuota sebanyak 5.000 orang dan 2.500 motor.

Baca Juga : Dibuka Hari Ini, BUMN Luncurkan Program Mudik Gratis 2023 Untuk 65 Ribu Orang