Kini Giliran Malaysia Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial Karena Zat Pemicu Kanker

Pemerintah Malaysia menarik Indomie Rasa Ayam Spesial usai Taiwan temukan kandungan zat pemicu kanker. PT Indofood dan YLKI memberikan tanggapan terkait kasus ini.

Kini Giliran Malaysia Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial Karena Zat Pemicu Kanker
Indomie rasa ayam spesial. Gambar: Facebook/Indomieselerakuhk

BaperaNews - Baru-baru ini, Pemerintah Taiwan menarik peredaran Indomie Rasa Ayam Spesial dan Ah Lai White Curry Noodles setelah kedua produk mi instan ini ditemukan mengandung etilen oksida, zat pemicu kanker. Menyusul keputusan ini, Pemerintah Malaysia mengambil langkah serupa dengan menarik Indomie Rasa Ayam Spesial dari peredaran.

Keputusan Pemerintah Malaysia

Dirjen Kesehatan Malaysia, Datuk Dr. Muhammad Radzi Abu Hassan, mengonfirmasi bahwa pihaknya telah memerintahkan penarikan massal dua batch mi instan, satu diantaranya adalah Indomie Rasa Ayam Spesial. Ia mengatakan, "Kementerian Kesehatan telah menginstruksikan produsen untuk secara sukarela menarik mi instan yang habis masa berlakunya pada 25 Agustus 2023 dari pasar lokal."

Baca Juga: Dinilai Enak dan Murah, Indomie Goreng Populer dan Trending di Korea

Reaksi PT Indofood dan YLKI

Menanggapi ditariknya Indomie Rasa Ayam Spesial dari Taiwan, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Franciscus Welirang, mengatakan bahwa pihaknya selalu mengikuti persyaratan yang ditentukan oleh negara pengimpor sebelum mengirim produk. Hal ini sesuai dengan prinsip perusahaan. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun meminta BPOM untuk segera melakukan audit dan investigasi atas penemuan Depkes Taipei tersebut.

Penanganan Kasus di Malaysia

Menteri Kesehatan Malaysia, Muhammad Radzi Abu Hassan, mengonfirmasi bahwa kementeriannya telah memerintahkan penahanan, pengujian, dan pelepasan produk Indomie Rasa Ayam Spesial di semua titik masuk. Selain itu, ia juga meminta produsen Mi Kari Putih Ah Lai untuk menarik produknya secara sukarela demi keamanan konsumen, meskipun produk tersebut sudah memenuhi standar kesehatan lokal.

Pemerintah Malaysia telah menarik Indomie Rasa Ayam Spesial dari peredaran menyusul temuan zat pemicu kanker di produk mi instan tersebut. PT Indofood dan YLKI telah memberikan tanggapan terkait kasus ini, sementara Kementerian Kesehatan Malaysia telah mengambil tindakan pencegahan untuk menguji produk mi instan dan menarik produk yang terkena dampak dari pasar. Masyarakat diharapkan untuk selalu waspada dan tidak membeli atau mengkonsumsi produk yang diketahui mengandung zat berbahaya.

Baca Juga: Taiwan Temukan Zat Pemicu Kanker di Produk Mie Instan Asal Indonesia