Pertama di Dunia, Inggris Buat Obat Suntik Kanker yang Bikin Terapi Hanya 7 Menit

NHS Inggris menghadirkan revolusi dalam pengobatan kanker dengan obat suntik atezolizumab.

Pertama di Dunia, Inggris Buat Obat Suntik Kanker yang Bikin Terapi Hanya 7 Menit
Pertama di Dunia, Inggris Buat Obat Suntik Kanker yang Bikin Terapi Hanya 7 Menit. Gambar : Reuters/Dok. George Frey

BaperaNews - Layanan Kesehatan Nasional atau NHS Inggris meluncurkan pengobatan kanker dengan obat suntik kanker untuk ratusan pasien di Inggris sebagai jalan memangkas waktu pengobatan hingga tiga perempatnya jika dibanding dengan pengobatan umum seperti terapi kemo.

Ratusan pasien yang memenuhi syarat kesehatan akan diberi obat imunoterapi, atezolizumab, dan diberi suntikan di bawah kulit .

Layanan pengobatan kanker terbaru yang diluncurkan telah disetujui Badan Pengatur Obat dan Kesehatan (MHRA) Inggris.

Atezolizumab juga dikenal sebagai Tecentriq, diberikan kepada pasien via intravena ke pembuluh darah dengan infus yang butuh waktu 30 menit hingga 1 jam jika pasien sulit diakses pembuluh darahnya.

“Persetujuan pengobatan kanker dengan obat suntik kanker oleh NHS Inggris ini membuat kami bisa memberi perawatan yang nyaman dan cepat kepada pasien serta memungkinkan kami bisa merawat lebih banyak pasien sepanjang hari” kata Dr Alexander Martin, konsultan Onkologi di NHS Foundation Trust West Suffolk.

“Butuh waktu 7 menit dibanding metode infus intravena yang saat ini butuh waktu 30-60 menit” sambung Direktur Media Roche Product Limited Marius Scholtz.

Atezolizumab dibuat oleh perusahaan farmasi Genentech berupa obat imunoterapi untuk memberdayakan sistem kekebalan tubuh pasien yang bisa menghancurkan sel kanker. 

Baca Juga : WHO Sebut Pemanis Buatan Aspartam Memicu Kanker

Perawatan diberikan kepada berbagai jenis pasien kanker termasuk kanker payudara, hati, kandung kemih, dan paru-paru.

NHS Inggris memperkirakan mayoritas 3.600 pasien yang memulai pengobatan kanker dengan obat suntik kanker Atezolizumab akan bisa menghemat waktu berobat dengan cara ini.

Pasien yang menjalani kemoterapi akan dikombinasikan dengan cara ini meski tetap ada kemungkinan menjalani transfusi.

Penyakit kanker sendiri ialah tumbuhnya jaringan abnormal pada tubuh manusia yang mengganggu jaringan atau organ di sekitarnya. Pasien dengan kanker hanya bisa sembuh jika kankernya diangkat dan dihilangkan dari tubuhnya. Hal ini seringkali terkendala dengan kondisi pasien dan penyebaran kanker itu sendiri. Tak jarang kanker baru disadari ketika telah menyebar dan mencapai stadium tinggi sementara perawatan dengan kemo perlu waktu lama dan kanker tidak bisa diangkat sekaligus.

Dengan pengobatan kanker dengan cara obat suntik yang dirilis NHS Inggris, diharap bisa membantu tenaga kesehatan memberi pengobatan lebih cepat, pasien bisa mendapat perawatan lebih nyaman, juga mengurangi rasa nyeri yang dirasakan pasien.

Baca Juga : Hasil Uji Malaysia ke Indomie Ayam Spesial Usai Disebut Pemicu Kanker