Viral! Anggota TNI Cukur Rambut Siswa SMP Asal-asalan

Anggota TNI mencukur rambut siswa SMPN 1 Maniis Purwakarta menuai kritik tajam dari warganet.

Viral! Anggota TNI Cukur Rambut Siswa SMP Asal-asalan
Viral! Anggota TNI Cukur Rambut Siswa SMP Asal-asalan. Gambar : style.tribunnews.com

BaperaNews - Memberi pembinaan pada siswa yang melanggar aturan seringkali dirasa perlu untuk meningkatkan kedisiplinan. Pembinaan biasanya diberikan pada pihak sekolah sesuai aturan yang berlaku.

Namun, baru-baru viral anggota TNI cukur rambut siswa SMPN 1 Maniis Purwakarta di lapangan sekolah dengan dalih menertibkan siswa yang melanggar aturan dan berambut panjang.

Puluhan siswa yang disebut melanggar aturan dikumpulkan dan diminta berjongkok di lapangan, kemudian satu persatu siswa dicukur rambutnya oleh personel TNI dengan asal-asalan.

Anggota TNI yang mencukur juga mengingatkan jika siswa keberatan harap diketahui yang mencukur adalah anggota Babinsa Kodim 0619 Purwakarta.

Hal ini pun menuai kritik tajam dari berbagai pihak dan orang tua siswa. Orang tua siswa marah dan meminta anggota TNI bertanggung jawab.

Ternyata aksi anggota TNI cukur rambut siswa SMP 1 Maniis dilakukan pada hari Senin (4/9) ketika pelaksanaan upacara. Oknum TNI itu menjadi pembina upacara dan ia menghukum para siswa dengan cukur paksa.

Mediasi kemudian dilakukan dan sempat diwarnai kericuhan. Guru yang menjadi mediator menjadi bulan-bulanan warga dan langsung dievakuasi. Mediasi berakhir dengan oknum TNI meminta maaf pada orang tua siswa. 

Baca Juga : Guru Gunting Paksa Rambut Siswi Berhijab, Susi Pudjiastuti: Jahat Sekali

Dade, salah satu orang tua siswa yang anaknya dicukur rambut asal-asalan mengaku kecewa dan sakit hati.

“Setelah mengetahui anak saya itu gondrong saya menerima hal itu dalam bentuk pendidikan anak. Tapi saya harap pihak sekolah dan Babinsa memiliki cara lain untuk membina siswa” kata Dade.

Sementara Kapendam III/Slw Kolonel Inf, Adhe Hansen, mengungkap kronologi kejadiannya. Bermula ketika didapati 34 siswa mengkonsumsi obat-obatan TM kemudian pihak sekolah mendatangkan orang tuanya untuk diminta membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya.

“Anggota TNI cukur rambut siswa SMP 1 Maniis awalnya memberi pesan positf pada anak-anak sekolah tentang rasa empati pada teman, menghormati orang tua dan guru, serta tidak mengkonsumsi obat terlarang. Kita telah berikan teguran pada oknum Babinsa yang melakukan cukur rambut asal-asalan pada siswa juga kita sudah lakukan mediasi bersama orang tua siswa dan sekolah. Terhadap kasus ini kita selesaikan secara musyawarah” ujar Adhe.

“Kami atas nama sekolah memohon maaf pada orang tua murid secara terbuka di sekolah” tandas Kepala Sekolah SMPN 1 Maniis Purwakarta Yana Heryana.

@baperanews.com Viral, anggota TNI cukur rambut siswa SMPN 1 Maniis Purwakarta di lapangan sekolah dengan dalih menertibkan siswa yang melanggar aturan dan berambut panjang. #siswa#babinsa#pembinaan#baperanews ♬ News - AShamaluevMusic

Baca Juga : Nekat Lawan Arah, Kecelakaan Beruntun di Tol Disebabkan oleh Anggota TNI