Terlalu Pedas, Mi Samyang Asal Korea Ditarik Peredarannya di Denmark

Mi instan Samyang dari Korea Selatan ditarik dari peredaran di Denmark karena tingkat kepedasannya yang dianggap membahayakan kesehatan. Baca selengkapnya di sini!

Terlalu Pedas, Mi Samyang Asal Korea Ditarik Peredarannya di Denmark
Terlalu Pedas, Mi Samyang Asal Korea Ditarik Peredarannya di Denmark. Gambar : detik.com

BaperaNews - Pada tanggal 11 Juni 2024, otoritas Denmark mengambil keputusan dengan menarik peredaran beberapa varian mi instan dari merek Samyang, yang berasal dari Korea Selatan. Keputusan ini berdasarkan penilaian bahwa mi Samyang terlalu pedas dan mengandung kadar capsaicin yang dapat membahayakan kesehatan konsumen di negara Nordik ini.

Mi instan Samyang yang ditarik dari peredaran di Denmark termasuk tiga varian utama, yaitu:

  • Buldak Samyang 3x Spicy & Hot Chicken
  • Buldak Samyang 2x Spicy & Hot Chicken
  • Buldak Samyang Hot Chicken Stew

Menurut Badan Pengawasan Makanan dan Hewan Denmark, produk-produk ini mengandung kadar capsaicin yang sangat tinggi. Capsaicin sendiri adalah senyawa kimia yang memberikan sensasi pedas pada cabai dan dapat menyebabkan keracunan akut jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Pihak badan pengawas mengeluarkan pernyataan bahwa mi Samyang ini "dipasarkan dengan kualitas sangat kuat" dan menyebutkan bahwa risiko terbesar adalah bagi konsumen, terutama anak-anak, yang berpotensi mengalami keracunan akut akibat tingginya kadar capsaicin dalam produk ini.

Badan Pengawasan Makanan dan Hewan Denmark memberikan peringatan keras kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi produk-produk mi Samyang yang sudah dibeli. Mereka juga menyarankan agar produk-produk tersebut dikembalikan ke tempat pembelian atau dibuang untuk mencegah risiko kesehatan yang lebih lanjut.

Baca Juga: Menlu AS Janjikan Bantuan Rp6,5 Triliun untuk Palestina

Samyang Foods, perusahaan produsen mi Samyang, menanggapi penarikan ini dengan menyatakan bahwa mereka tidak menemukan masalah kualitas pada produk mereka. Mereka menjelaskan bahwa penarikan ini terjadi bukan karena masalah kualitas, melainkan karena tingkat kepedasan yang dianggap terlalu tinggi oleh otoritas Denmark.

Perusahaan ini juga menegaskan bahwa meskipun produk mereka diekspor secara global dan populer di banyak negara, ini adalah pertama kalinya mi Samyang ditarik dari peredaran di salah satu negara tujuan ekspor mereka.

Samyang Foods adalah salah satu produsen mi instan terbesar di Korea Selatan. Mereka dikenal sebagai pionir dalam industri mi instan, memulai produksi mereka sejak tahun 1960-an. Produk mereka, termasuk varian Buldak yang terkenal pedas, telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia.

Meskipun Denmark adalah negara pertama yang menarik mi Samyang karena kepedasannya, belum ada laporan penarikan serupa dari negara lain.

Baca Juga: Jet Tempur Rusia Jatuh Saat Latihan, 2 Orang Dikabarkan Tewas