Pj Bupati Paluta Bersama Tim Monitoring TP PKK Provonsi Sumut Kunjungi Desa Binaan Napalatcat

Pj Bupati Padang Lawas Utara, bersama Tim Monitoring PKK Provinsi Sumatera Utara, melakukan kunjungan ke Desa Napalatcat untuk memantau pelaksanaan program PKK.

Pj Bupati Paluta Bersama Tim Monitoring TP PKK Provonsi Sumut Kunjungi Desa Binaan Napalatcat
Pj Bupati Paluta Bersama Tim Monitoring TP PKK Provonsi Sumut Kunjungi Desa Binaan Napalatcat. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur Parlaungan Hasibuan, S. STP, MM  bersama Tim Monitoring TP PKK Provinsi Sumatera Utara didampingi oleh Camat Halongonan Amri Halomoan Siregar, S.STP, MM mengunjungi Desa Napalatcat Kecamtan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara dalam rangka Monitoring Desa Binaan terkait Pelaksanaan Lomba Tertib Administrasi.

Peserta rombongan tersebut disambut baik Kepala Desa Napalatcat Hasanuddin bersama Tim Penggerak PKK Desa Napalatcat dengan berbagai pertunjukan pada Kamis (13/6).

Turut hadir dalam kegiatan Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur Parlaungan Hasibuan, S.STP., MM., Ketua Tim Monitoring PKK Provinsi Sumatera Utara beserta rombongan, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Lawas Utara Ny. Sefti Helida Patuan Rahmat Syukur Parlaungan Hasibuan beserta seluruh jajaran, Para Asisten, Staf Ahli, dan Pimpinan OPD.

Camat Halongonan Amri Hamonangan Siregar, S. STP, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Halongonan, Kepala Desa Napalatcat Hasanuddin beserta Kepala Desa se-Kecamtan Halongonan, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Napalancat, Kepala Puskesmas Pangirkiran, dan tamu undangan lainnya.

Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur Parlaungan Hasibuan, S.STP., MM., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya monitoring pelaksanaan 10 program utama Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), antara lain Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, serta Perencanaan Sehat.

Beliau juga mengapresiasi Tim Penggerak PKK di Kabupaten Padang Lawas Utara, Kecamatan, dan Desa atas kontribusinya dalam mendukung kegiatan 10 program tersebut.

Selanjutnya, beliau menegaskan bahwa peran PKK sangat krusial dalam mendukung pembangunan daerah, menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan kegiatan pembangunan, serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat.

PKK juga mampu merancang kebijakan yang relevan dengan program pemerintah, melakukan inovasi melalui partisipasi dan pemberdayaan keluarga serta masyarakat, serta melakukan supervisi, monitoring, dan evaluasi kegiatan.

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Padang Lawas Utara, Ny. Sefti Helida Patuan Rahmat Syukur Parlaungan Hasibuan, dalam sambutannya menyatakan bahwa pelaksanaan 10 program PKK di desa dilakukan secara rutin dengan pembinaan sesuai rentang kendali 1, 3, 6, 9, dan 12 bulan.

Beliau juga menekankan bahwa keberhasilan yang tercapai sampai tahap monitoring hari ini merupakan hasil dari kerja keras dan partisipasi bersama, terutama dari para kader PKK dan ibu-ibu kelompok dasawisma yang antusias dalam mengikuti kegiatan lomba serta menjadi ujung tombak kelancaran dan kesuksesan program-program PKK.

Pj. Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Ny. Dessy Hassanudin, yang diwakili Ketua Tim Monitoring TP PKK Provinsi Sumatera Utara, memberikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara dan Tim Penggeraknya atas upaya mensukseskan kegiatan ini.

"Monitoring ini adalah bagian dari tanggung jawab kita dalam program PKK untuk bersama-sama bekerja dan berprestasi, merasakan manfaat besar dari gerakan PKK," ujar beliau.

Beliau juga menambahkan bahwa rangkaian kegiatan monitoring merupakan keistimewaan dan kebanggaan bagi daerah, karena berhasil mencapai tahap monitoring setelah bersaing ketat untuk masuk dalam nominasi hasil monitoring yang berlangsung ketat, guna menentukan posisi tujuh besar dalam kategori Kabupaten dan tiga besar dalam kategori Kota.

(Haryan Harahap)