Operator Seluler Serempak Hapus Sinyal 3G Tahun Ini

Operator seluler di Indonesia secara bertahap menghapus jaringan 3G untuk mengikuti arahan dari Kominfo tentang aturan penghapusan layanan tersebut!

Operator Seluler Serempak Hapus Sinyal 3G Tahun Ini
Ilustrasi Ponsel. Gambar : Pixabay.com/ Dok. Erik_Lucatero

BaperaNews - Operator seluler di Indonesia secara bertahap menghapus jaringan 3G untuk mengikuti arahan dari Kominfo tentang aturan penghapusan layanan tersebut, salah satunya ialah menghapus jaringan 3G oleh Telkomsel, Telkomsel akan mematikan jaringan 3G di 504 Kota dan kabupaten lalu menggantinya dengan 4G/LTE.

Proses migrasi dilakukan mulai Maret 2022 dengan 90 kota atau kabupaten dengan meliputi 766 kecamatan. Kemudian tahap selanjutnya dilakukan upgrade jaringan di 132 kabupaten atau kota pada Juni - Juli 2022. Dan upgrade ketiga pada Agustus – Oktober 2022 meliputi 178 kabupaten atau kota, dan tahap terakhir pada November - Desember 2022 akan dilakukan di 104 kota atau kabupaten.

“Maret 2022 sudah menjadi tahap pertama Telkomsel untuk menjalankan upgrade layanan dari jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di sejumlah wilayah Indonesia, dan targetnya pada Mei 2022 sebelum kemudian kami lanjut ke upgrade tahap kedua” ujar Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam keterangan resmi hari Senin 28 Maret 2022.

Selain Telkomsel, operator seluler XL Axiata juga menghapus jaringan 3G dari layanannya yang dilakukan sejak Juli 2021 lalu hingga Desember 2022. “Terhadap penataan dari jaringan 3G ke 4G, jaringan 3G akan dimatikan dan tidak bisa lagi dipakai oleh pelanggan, namun pelanggan tetap bisa menikmati layanan pengalaman panggilan atau suara dengan kualitas lebih baik melalui VolTE dan layanan data yang lebih baik dengan 4G” tulis XL dalam laman resminya.

Baca Juga : Mengenal Siaran TV Digital Dimulai 30 April Nonton TV Tanpa Semut

Senada dengan dua operator seluler di atas, Indosat Ooredoo Hutchison yang baru saja merger juga menghapus jaringan 3G untuk mendukung pemerintah dalam memberikan layanan telekomunikasi yang terbaik untuk masyarakat.

“Kami lanjutkan turnaround strategy dengan menghadirkan 4G dengan jaringan berkualitas untuk video termasuk di area non 3T untuk mempercepat transformasi digital Indonesia” ujar SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison,  Steve Saerang.

Steve mengungkap akan memberi edukasi untuk masyarakat yang masih memakai jaringan 3G untuk segera pindah ke 4G, “Kami akan terus lakukan edukasi kepada pelanggan kami yang masih terhubung dengan jaringan 3G tentang manfaat yang bisa dinikmati dengan berpindah ke jaringan 4G” jelasnya.

Memang digitalisasi akan diperkuat dan diratakan di Indonesia diantaranya dengan menghapus jaringan 3G dan menghapus TV analog secara serentak untuk menggantinya dengan 4G dan TV Digital.

Baca Juga : Meledak Di Tangan, HP Xiaomi Rp 17 Jutaan Tak Dapat Garansi