KPK Sita Uang Sejumlah Rp 1 M dalam Koper Saat OTT Bupati Penajam Paser Utara di Jakarta

KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menyita uang Rp 1 Miliar dalam OTT (Operasi Tangkap Tangan) Abdul Gafur Mas’ud, Bupati Penajam Paser Utara Kalimantan Timur di Jakarta. Simak informasi lengkapnya!

KPK Sita Uang Sejumlah Rp 1 M dalam Koper Saat OTT Bupati Penajam Paser Utara di Jakarta
Abdul Gafur Mas’ud, Bupati Penajam Paser Utara Kalimantan Timur . Gambar: Detik.com/ Usman Hadi

BaperaNews - KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menyita uang Rp 1 Miliar dalam OTT (Operasi Tangkap Tangan) Abdul Gafur Mas’ud, Bupati Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. KPK menyebut uang tersebut dibawa dalam koper saat Abdul berada di Plaza Senayan.

“Barang bukti sudah kami amankan, uang Rp 1 Miliar, uang itu untuk keperluan pribadi Abdul di Jakarta, selanjutnya kami periksa dan dalami dulu” ucap sumber internal yang diwawancara detik.com di KPK Kamis 13 Januari 2022.

Abdul ditangkap KPK dalam OTT (Operasi Tangkap Tangan) saat sedang berada di Mall kawasan Senayan, Jakarta, selain Abdul, ada juga 10 orang lainnya yang terlibat dan ditangkap bersamanya dalam lokasi berbeda. Kini mereka semua sedang diamankan di gedung KPK untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

10 orang lainnya saat ditangkap berada di Kalimantan timur, operasi ini dilakukan sejak Rabu 12 Januari 2022 pagi sampai Kamis dini hari. Belum dijelaskan lebih lanjut oleh KPK tentang identitas ke 10 orang tersebut dan hubungannya dengan Abdul serta sejauh mana perannya dalam dugaan korupsi ini.

Ketua KPK Firli Bahuri juga memberikan keterangan terkait OTT (Operasi Tangkap Tangan), “Terima kasih untuk dukungan masyarakat selama ini dan semua tim di KPK sehingga kami bisa melaksanakan amanah untuk memberantas korupsi termasuk OTT (Operasi Tangkap Tangan) Bupati Penajam Paser Utara ini yang terlibat bersama 10 orang lain, sekarang mereka semua sedang diamankan di Kedeputian Bidang Penindakan, sedang diperiksa penyidik dan tim internal KPK untuk keperluan membuka kasus dan mengungkap korupsi ini sejelas-jelasnya” kata Firli kepada detik.com Kamis 13 Januari 2022.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron menyatakan OTT (Operasi Tangkap Tangan) Abdul ini berhubungan dengan suap. “Iya benar KPK telah menangkap Abdul Gafur pada Rabu 12 Januari 2022, beliau Bupati Penajam Paser Utara, dia tertangkap tangan membawa uang suap Rp 1 Miliar, dugaan sementara itu uang suap dan gratifikasi, tapi kami belum bisa menjelaskan lebih dalam, kami periksa dulu, baru nanti kami beri keterangan lagi setelah pemeriksaan awal selesai” kata Nurul saat ditemui awak media Kamis 13 Januari 2022.

Baca Juga: Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud Terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK