Intip 10 Caleg Artis yang Diprediksi Lolos ke Senayan, Ada Komeng  hingga Uya Kuya

Sudah tahu? Berita terkini mengenai 10 caleg artis yang diprediksi akan berhasil ke Senayan. Simak 10 caleg artis ini!

Intip 10 Caleg Artis yang Diprediksi Lolos ke Senayan, Ada Komeng  hingga Uya Kuya
Intip 10 Caleg Artis yang Diprediksi Lolos ke Senayan, Ada Ahmad Dhani hingga Uya Kuya. Gambar : Kolase By Kreator Bapera News

BaperaNews - Sejumlah artis Indonesia yang turut meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebagai calon legislatif (caleg) tengah menantikan hasil perhitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Beberapa di antara mereka telah memasuki daftar prediksi lolos ke Senayan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ada beberapa artis yang mencalonkan diri dari berbagai daerah pemilihan (dapil) di Tanah Air. Tiga daerah yang menjadi fokus utama para caleg artis adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Di antara caleg artis yang bersaing merebut kursi di Senayan adalah nama-nama seperti Ahmad Dhani, Aldi Taher, Once Mekel, Uya Kuya, Verrel Bramasta, Kris Dayanti, Mulan Jameela, Komeng, hingga Jihan Fahira.

Para artis ini turut bersaing memperebutkan salah satu dari 580 kursi DPR RI dan DPD bersama dengan caleg-celag lainnya dari 84 dapil yang ada. 

Jumlah kursi DPR RI dari setiap provinsi dan dapil berbeda-beda sesuai dengan ketentuan Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Berikut adalah daftar 10 caleg artis yang diprediksi lolos ke Senayan berdasarkan hasil real count sementara.

Baca Juga : Real Count KPU Komeng Raup 1 Juta Lebih Suara di DPD Jabar

10 Caleg Artis yang Diprediksi Lolos ke Senayan

  1. Komeng 

Komedian senior, Alfiansyah Komeng, mencalonkan diri sebagai anggota DPD dari dapil Jawa Barat. Hingga saat ini, Komeng menduduki peringkat pertama dengan perolehan suara tertinggi, yaitu 1.806.129 suara atau 12,02 persen.

  1. Jihan Fahira

Mantan aktris sinetron, Jihan Fahira, menjadi saingan terdekat Komeng dalam memperebutkan kursi DPD di dapil Jawa Barat. Ia menduduki peringkat kedua dengan total suara 695.684 atau 4,63 persen.

  1. Uya Kuya

Uya Kuya maju sebagai calon anggota DPR RI di dapil DKI Jakarta II. Artis yang bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) ini telah meraih 353.910 suara.

  1. Once Mekel

Once Mekel, pentolan Dewa 19 yang bergabung dengan PDI Perjuangan, juga mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI di dapil DKI Jakarta II. Ia berhasil meraih 349.640 suara.

  1. Primus Yustisio

Mantan aktor senior yang kini menjadi anggota DPR RI Komisi VI, Primus Yustisio, kembali maju sebagai calon anggota DPR RI dari dapil Jawa Barat V. Ia berhasil meraih suara tertinggi di PAN dari dapil tersebut.

  1. Nafa Urbach

Aktris dan penyanyi, Nafa Urbach, bersaing di dapil Jawa Tengah VI sebagai calon anggota DPR RI dengan total suara tertinggi di Partai Nasdem.

  1. Mulan Jameela

Mulan Jameela, anggota Komisi VII DPR RI, kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari dapil Jawa Barat XI. Ia berhasil meraih suara tertinggi di Partai Gerindra dari dapil tersebut.

  1. Kris Dayanti

Penyanyi Tanah Air yang akrab disapa KD, Kris Dayanti, kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari dapil Jawa Timur V. Ia berhasil meraih suara tertinggi kedua di PDI Perjuangan dari dapil tersebut.

  1. Verrel Bramasta

Aktor Tanah Air, Verrel Bramasta, yang diusung oleh PAN di dapil Jawa Barat VII, berhasil meraih suara tertinggi dari partai tersebut.

  1. Hengky Kurniawan

Mantan aktor yang aktif di dunia politik, Hengky Kurniawan, maju sebagai calon anggota DPR RI dapil Jawa Barat II dan meraih suara terbanyak di PDI Perjuangan dari dapil tersebut.

Baca Juga : Segini Hasil Suara Dede Sunandar yang Jual Mobil demi Jadi Anggota DPRD