Daftar Wilayah Yang Rasakan Guncangan Gempa M 5,5 Sukabumi

Gempa bumi kekuatan 5,5 Magnitudo yang mengguncang Sukabumi bagian selatan pada hari Rabu 16 Maret 2022 menyebabkan beberapa wilayah disekitarnya ikut merasakan!

Daftar Wilayah Yang Rasakan Guncangan Gempa M 5,5 Sukabumi
Ilustrasi Gempa Bumi. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Gempa bumi kekuatan 5,5 Magnitudo mengguncang Sukabumi bagian selatan pada hari Rabu 16 Maret 2022, terasa di berbagai Wilayah, termasuk Bandung. Informasi yang disampaikan BMKG, gempa bumi terjadi pukul 10.00 WIB dengan kedalaman 10 km di bawah laut, titik lokasi 113 km dari Sukabumi, dan tidak berpotensi tsunami.

Berbagai wilayah yang dilaporkan turut merasakan gempa ialah Cianjur, Garut, Lebak Selatan, Banjar, Jakarta, Bandung Barat, Bayah, Bekasi, Pandeglang, Panimbang, Cilegon, Pelabuhan Ratu, Tangerang Selatan, dan Sukabumi itu sendiri.

Salah satu warga bernama Debbie warga Bandung mengungkap merasakan gempa,”Saya lagi di daerah Ciumbuleuit, lagi duduk, kerasa bergetar lumayan lama” ucapnya. Warga lain di Cimahi bernama Yunita juga memberikan kesaksian, “Iya kerasa ada gempa tadi” tuturnya, serta seorang warga Karawang bernama Faizal pun mengaku turut merasakan gempa, “Barusan kerasa gempa, saya di Karawang terasa” ungkapnya.

Selain itu, di Wilayah Depok, gempa juga terasa cukup lama sekitar 30 detik, terjadi pada jam 10.01 WIB, membuat dinding rumah warga bergoyang, meski demikian warga mengaku tidak terlalu panik, memang warga berlarian ke rumah karena gempa tersebut namun tidak membuat ketakutan yang luar biasa.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Sukabumi, BPBD Cianjur Laporkan Sejumlah Kerusakan

Salah seorang karyawan yang bekerja di Perkantoran daerah Tendean, Jakpus, menyebut ia dan rekan-rekannya di kantor juga merasakan getaran gempa, ia yang bekerja di lantai empat gedung sebelumnya tidak menyadari ada gempa. “Di gedung terasa ada getaran, sekitar 5 detik aja, meja-meja kantor bergoyang” ujarnya.

Ketika gempa terjadi, di Wilayah Jakarta sedang ada acara parade MotoGP oleh semua pembalap yang akan mengikuti ajang MotoGP Mandalika 2022. Namun guncangan tidak terasa di wilayah sekitar parade tersebut, sejumlah warga menyebut tidak merasakan getaran apa-apa.

“Sekitar hotel Kempinski aman, tidak ada gempa” ucap salah seorang penonton parade.

Kepanikan juga sama sekali tidak nampak di acara tersebut, warga larut dalam kesenangan karena bisa melihat secara langsung para pembalap dunia seperti Marc Marquez, Johann Zarco, dan lainnya.

BMKG merujuk pada lokasi gempa, gempa bumi tersebut dangkal dan tidak ada pergerakan naik, “Sampai pukul 10.25 WIB, belum ada tanda aktivitas gempa bumi susulan” dikutip dari BMKG.

Baca Juga: Tersangka Teroris Yang Ditangkap Densus 88 Seorang PNS Dinas Pertanian Tangerang