Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Sukabumi, BPBD Cianjur Laporkan Sejumlah Kerusakan

Gempa dengan magnitudo 5,5 guncang Sukabumi pada Rabu (16/03/22) pukul 10.00 WIB, BPBD Cianjur melaporkan terjadi kerusakan di wilayah Cianjur Selatan.

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Sukabumi, BPBD Cianjur Laporkan Sejumlah Kerusakan
ilustrasi gempa. Gambar : Suara.com

BaperaNews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa yang mengguncang Sukabumi. Gempa bermagnitudo 5,5 M ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, pada Rabu (16/3).

Pusat gempa berada di 113 kilometer tenggara kota Sukabumi dengan kedalaman gempa mencapai 10 kilometer. BMKG menyatakan bahwa gempa yang terjadi ini tidak berpotensi Tsunami. Getaran gempa ini pun sontak membuat warga berhamburan dan keluar rumah.

Selang beberapa menit, gempa susulan terjadi. BMKG mencatat gempa susulan terjadi pada pukul 11.06 WIB berpusat di Kota Sukabumi dengan kekuatan magnitudo 4,2. Kejadian gempa susulan ini berada di titik lokasi episentrum 7.90 LS dan 107.04 BT dengan kedalaman 16 kilometer. Diketahui gempa ini berasal dari mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Rudi Lubis menyampaikan gempa terasa cukup kuat di wilayah Cianjur. Berdasarkan laporan sementara, beberapa kerusakan terjadi di wilayah Cianjur selatan.

"Kita terima laporan kerusakan seperti plafon jatuh, tembok rumah retak, dan dampak kerusakan lainnya," ujar Rudi. 

Baca Juga : Polisi Maksimalkan Pengamanan Meski Jokowi Tak Ikut Parade MotoGP

Lebih lanjut, Rudi menjelaskan bahwa pihaknya telah menerjunkan tim dan relawan untuk memastikan dampak dari gempa tersebut.

"Kita cek lagi informasinya untuk mematikan berapa rumah yang rusak karena gempa . Selain itu kita cek juga titik rawan longsor dan pergerakan tanah, mengantisipasi dampak yang lebih besar," tuturnya.

Berdasarkan keterangan warga setempat, gempa yang terjadi cukup lama, bahkan mencapai dua kali getaran. Pada awalnya ia sedang duduk namun saat terjadi gempa susulan, dirinya pun memutuskan untuk ke luar rumah.

"Tadi dari duduk lama terus ke luar masih kerasa gempa . Kan ada dua kali getaran, pertamanya udah mau berhenti, agak kecil terus ada lagi besar. Kalau ini mah kaya naik-turun lah kerasanya," ujar Sugiono di Kota Sukabumi, Rabu (16/3/2022).

Akibat gempa yang terjadi di Sukabumi ini, beberapa wilayah di sekitar Sukabumi pun ikut merasakan guncangan gempa , meskipun tidak terlalu besar dan lama. Getaran gempa terasa hingga ke beberapa daerah seperti Jakarta, Depok, Jawa Barat, Bandung, Serang, Tangerang Selatan, Kawarang, dan sebagian wilayah Bekasi.

Baca Juga : Teknologi Pengenalan Wajah Berbasis Artificial Intelligence Digunakan dalam Perang Ukraina Rusia