Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Teratas!

Charities Aid Foundation (CAF) kembali merilis survei amal terbesar di dunia. Pada edisi kali ini, Indonesia berhasil menjadi nomor 1 Negara paling Dermawan di dunia.

Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Teratas!
Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Teratas!. Gambar: Dok. TniAD

BaperaNews - Charities Aid Foundation (CAF) kembali merilis World Giving Index, survei amal terbesar di dunia.  Dalam edisi terbaru ini, Indonesia berhasil mempertahankan posisinya di puncak daftar negara paling dermawan.

Dari 142 negara yang disurvei, Indonesia, bersama dengan Ukraina, Kenya, Liberia, dan Amerika Serikat (AS), memimpin sebagai lima negara paling dermawan di dunia.

Menurut laporan World Giving Index 2023, sekitar 72 persen populasi orang dewasa di dunia, atau sebanyak 4,2 miliar orang, memberikan uang, waktu, atau bantuan kepada orang yang tidak dikenal dengan niat baik.

Indonesia sendiri mencetak total skor 68, dengan 82 persen orang dewasa sebagai donatur, 61 persen bersedia menolong orang asing, dan 61 persen mau meluangkan waktu untuk kegiatan sukarelawan.

Hal yang menarik dari laporan ini adalah Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama pada World Giving Index selama enam tahun berturut-turut. Meskipun tidak menempati posisi teratas pada setiap indikator yang dihitung, Indonesia masih memberikan kontribusi signifikan dalam tiga aspek tersebut.

Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia, Gusman Yahya, menyebutkan bahwa budaya Gotong Royong menjadi faktor penting kesuksesan Indonesia sebagai negara paling dermawan. Kontribusi filantropi juga turut berperan dalam pencapaian ini.

"Kontribusi filantropi sangat penting untuk menutup kesenjangan pendanaan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan untuk mengurangi dampak perubahan iklim di Indonesia," ujar Gusman.

Baca Juga : Daftar Negara Bebas Visa untuk Paspor Indonesia, Ada Eropa!

Laporan World Giving Index 2023 juga mengungkapkan faktor-faktor lain yang memengaruhi tingkat kemurahan hati di berbagai negara. Orang dengan keyakinan agama yang kuat cenderung memiliki skor indeks pemberian yang lebih tinggi, kecuali di Eropa yang tidak menunjukkan perbedaan signifikan.

Orang-orang yang menilai hidupnya secara positif lebih cenderung memberikan sumbangan untuk amal. Negara-negara yang termasuk dalam daftar negara paling bahagia di dunia, seperti Swedia, Denmark, Belanda, dan Islandia, berada di peringkat 10 besar sebagai negara dengan warga yang paling banyak menyumbangkan uang.

Selain itu, laporan juga mencatat bahwa para imigran lebih cenderung menyumbangkan uang dibanding warga negaranya sendiri, terutama di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Keberhasilan Indonesia dalam mempertahankan posisi sebagai negara paling dermawan mendapatkan apresiasi tinggi dari berbagai pihak.

World Giving Index memberikan alasan untuk optimisme di tengah ketidakstabilan global. Neil Heslop OBE, Kepala Eksekutif Charities Aid Foundation, menyatakan, "Kemurahan hati adalah bawaan dari perilaku manusia dan mengikat kita sebagai komunitas global."

Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia

Berikut adalah daftar lengkap 10 negara paling dermawan di dunia menurut World Giving Index 2023.

  1. Indonesia (68)
  2. Ukraina (62)
  3. Kenya (60)
  4. Liberia (58)
  5. Amerika Serikat (58)
  6. Myanmar (57)
  7. Kuwait (57)
  8. Kanada (54)
  9. Nigeria (53)
  10. New Zealand (53)

Dengan capaian ini, Indonesia terus menunjukkan dedikasinya dalam membantu sesama dan memberikan dampak positif pada tingkat internasional.

Baca Juga : Jadi Negara Pertama, Finlandia Uji Paspor Digital