Jadi Negara Pertama, Finlandia Uji Paspor Digital

Proyek uji coba paspor digital di Finlandia didanai oleh Uni Eropa, membawa inovasi dalam perjalanan internasional. Simak selengkapnya!

Jadi Negara Pertama, Finlandia Uji Paspor Digital
Jadi Negara Pertama, Finlandia Uji Paspor Digital. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Finlandia uji coba paspor digital pada hari Jumat (1/9) untuk penerbangan menuju Inggris. Penjaga perbatasan Finlandia mengumumkan dokumen perjalanan digital tersebut dicoba di Bandara Helsinki.

Finlandia menjadi negara Eropa pertama yang melakukannya. Uji coba bekerjasama dengan kepolisian dan perusahaan bandara Finavia. Jika uji coba sukses, maka turis dari FInlandia tak perlu membawa paspor fisik ketika bepergian ke luar negeri.

“Penjaga perbatasan Finlandia mengundang para insan penerbangan Finnair Britania Raya untuk uji coba dokumen perjalanan digital mereka di Bandara Helsinki-Vantaa mulai 28 Agustus 2023. Pelanggan Finnair dengan rute ke London, Edinburgh, dan Manchester punya kesempatan untuk melewatinya. Kontrol di perbatasan bisa lebih lancar dan cepat, tidak perlu antri” kata penjaga perbatasan Finlandia dalam rilisnya.

Penumpang harus mendaftar dengan prosedur Digital Travel Credentials (DTC) kemudian bisa menggunakan dokumen perjalanan digital mereka ketika bepergian dari atau ke Finlandia.

Baca Juga : Cara Membuat Paspor Online, Pakai Aplikasi Ini!

Namun ditegaskan untuk saat ini baru bisa dilakukan di Bandara Helsinki. Penumpang bisa menguji dokumen perjalanan digital (DTC) mereka sampai akhir Februari 2024.

DTC ialah versi digital dari paspor fisik. Finlandia uji coba paspor digital untuk siapapun yang telah mendaftar dan mengunduh aplikasi FIN DTC Pilot. Penumpang juga diminta mendaftar ke polisi dan mengirim data mereka ke penjaga perbatasan dalam waktu 4-36 jam sebelum penerbangan dilakukan.

“DTC sekarang diuji di perbatasan yang sebenarnya, dilaporkan untuk pertama kali di dunia. Paspor digital ini bisa diandalkan layaknya paspor fisik” pungkas penjaga perbatasan tersebut.

Komisi Eropa sendiri sedang kembangkan DTC untuk terapkan kebijakan identitas digital yang lebih luas. Uni Eropa ikut mendanai uji coba yang dilakukan Finlandia dengan dana 2,3 juta Euro.

Jika proyek yang dilaksanakan di Finlandia ini berhasil, maka perjalanan akan lebih sederhana. Langkah Finlandia uji coba paspor digital juga akan diikuti dan diterapkan oleh negara-negara Eropa lainnya meski masih dalam area yang terbatas.

Adanya sistem digital memang memudahkan segala hal dan mengurangi kerepotan termasuk dalam hal wisata. Data digital juga dirasa lebih praktis karena tetap bisa dicek dalam kondisi apapun tanpa harus membawa berkas dokumennya secara langsung.

Baca Juga : Cukup Scan QR Code, Mulai 2024 Masuk Singapura Bisa Tanpa Paspor