Daftar Bansos Pemerintah yang Akan Cair Pada November 2021

Progrm bantuan sosial (bansos) kembali digelar dibulan Novermber, Berikut daftar bansos yang akan cair dibulan november

Daftar Bansos Pemerintah yang Akan Cair Pada November 2021
Ilustrasi Bantuan Sosial Tunai. Gambar : ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

BaperaNews - Di situasi yang masih pandemi ini, pemerintah akan terus menyalurkan berbagai bantuan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Pada bulan November 2021, masih terdapat berbagai program bantuan sosial (bansos) yang akan diberikan untuk masyarakat.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, berikut ini adalah rincian bansos yang akan diberikan pemerintah pada bulan November 2021 ini :

1. Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Bantuan ini merupakan bantuan yang diberikan pemerintah untuk usaha mikro melalui Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM. Bantuan ini juga dapat dicairkan untuk para pelaku usaha mikro hingga bulan Desember 2021.

Pelaku usaha mikro akan mendapatkan bantuan dana dari pemerintah sebesar Rp1,2 juta. Penyaluran BPUM ini dilakukan melalui bank milik negara yang diantaranya melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Para penerima BPUM ini dapat mengecek apakah usahanya mendapatkan bantuan melalui situs eform.bri.co.id/bpum. Pada situs tersebut, anda diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan menuliskan kode verifikasi yang tertera.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan sosial untuk keluarga miskin ini akan memiliki 4 tahap untuk pencairan di bulan November. PKH ini menargetkan Keluarga Miskin (KM) sebagai penerima manfaat.

Program Keluarga Harapan ini juga akan memberikan akses bagi keluarga miskin untuk dapat memanfaatkan berbagai pelayanan publik misalnya fasilitas pendidikan (fasdik) dan fasilitas kesehatan (faskes).

Masyarakat dapat mengecek laman PKH Kementerian Sosial (Kemensos) ini melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

3. Stimulus PLN

Untuk program ini, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memberikan beberapa stimulus untuk para pelanggan yang berupa pemotongan tagihan listrik, khususnya untuk rumah tangga dan UMKM.

Stimulus ini dapat anda cek melalui situs resmi PLN yaitu stimulus.pln.co.id. Setelah anda masuk ke dalam situs tersebut, anda akan diminta untuk mengisi info seperti nomor meter, nama, tarif listrik, serta daya listrik yang anda gunakan.

4. Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Ristek

Untuk program bantuan kuota internet ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) masih terus membagikan kuota internet gratis bagi pelajar, mahasiswa, serta dosen di seluruh Indonesia. Adapun tujuan program ini dilakukan yaitu guna mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi.

Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat anda akses melalui situs kuotadikti.kemdikbud.go.id. Diketahui, kuota internet akan disalurkan sebanyak 3 kali selama 4 bulan yang dimulai sejak bulan September hingga Desember 2021.