21 Pengendara Motor Penerobos Jalan Tol Kelapa Gading Ditilang Polisi

Usai videonya viral di media sosial, ditlantas Polda Metro Jaya lakukan penilangan terhadap 21 pengendara sepeda motor yang nekat melintas di jalan tol Kelapa Gading. Simak informasi lengkaonya!

21 Pengendara Motor Penerobos Jalan Tol Kelapa Gading Ditilang Polisi
Pengendara Motor Penerobos Jalan Tol Kelapa Gading Ditilang Polisi. Gambar: Dok. Kementerian PUPR

BaperaNews - Ditlantas Polda Metro Jaya menilang 21 pengendara sepeda motor yang nekat melintas di jalan tol Kelapa Gading – Pulogebang pada hari Sabtu, 26 Februari 2022. Sebanyak 28 orang rombongan klub motor Supermoto itu telah diperiksa di Polda Metro Jaya hari Minggu 6 Maret 2022.

Kasubdir Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam mengungkap puluhan pemotor tersebut mengakui kesalahannya melintas di ruas jalan tol. “Hari ini sudah kami tilang dan amankan” ujarnya.

Sanksi tilang berdasar pada Pasal 287 ayat 1 UU No. 2 th 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mereka dikenai pidana maksimal 2 bulan penjara dan denda Rp 500 ribu.

Mereka juga melanggar Peraturan Pemerintah No. 15 th 2015 tentang jalan tol, “Jalan tol hanya boleh dilewati kendaraan roda empat atau lebih” lanjutnya.

Di sisi lain, Jamal mengungkap rombongan tersebut melintas di jalan tol hari Sabtu 26 Februari 2022 jam 02.29 WIB. “Rombongan itu masuk dari jalan penghubung tol di pertigaan Pasar Cakung Jaktim dan keluar di off ramp Kelapa Gading” tuturnya.

Baca juga: PPLN Masuk Bali Bebas Karantina Mulai Senin 7 Maret

Sebelumnya dalam media sosial beredar rekaman puluhan kendaraan roda dua melintas dengan santai di ruas jalan tol Kelapa Gading dan menutupi jalan yang pada saat itu sepi karena dilakukan di waktu fajar, terdengar juga suara knalpot yang bising, beberapa pengendara bahkan beraksi dengan berdiri di atas motor ketika melintas.

Jamal juga akan koordinasi dengan pengelola jalan tol agar tidak terulang kejadian yang sama, “dimungkinkan kalau tidak ada pilihan lalu lintas lain, misalnya membuat antrean atau kemacetan agar jalan penghubung tol bisa dikawal atau dipasang semacam gate sehingga bisa difilter pengguna yang dilarang masuk” tutupnya.

Sementara itu, Reza, perwakilan dari komunitas motor Supermoto mengakui kesalahannya dan meminta maaf, “Kami minta maaf atas ketidaknyamanannya dengan berita yang beredar, memang benar adanya kami sudah masuk ke jalan tol, kami tidak tahu kalau jalan itu adalah tol karena kondisinya gelap saat malam hari dan plang tidak kami baca” ujarnya.

Namun belum dijelaskan secara detail sanksi tilang apa yang mereka terima, berupa denda atau lainnya.

Baca Juga: Heboh! Raffi Ahmad Undang Miyabi Ke Rumahnya, Nagita Slavina Diminta Waspada