WhatsApp Rilis Fitur Voice Chat Tanpa Nada Dering dan Chat Group dengan Kapasitas 128 Anggota

WhatsApp memperbarui fitur voice chat-nya, memungkinkan obrolan suara grup untuk menampung hingga 128 anggota.

WhatsApp Rilis Fitur Voice Chat Tanpa Nada Dering dan Chat Group dengan Kapasitas 128 Anggota
WhatsApp Rilis Fitur Voice Chat Tanpa Nada Dering dan Chat Group dengan Kapasitas 128 Anggota. Gambar : Ilustrarsi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - WhatsApp, platform pesan instan yang populer, baru-baru ini mengumumkan pembaruan pada fitur voice chat-nya. Kini, obrolan suara grup WhatsApp dapat menampung hingga 128 anggota, meningkat dari sebelumnya yang hanya maksimal 32 anggota.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna berdiskusi secara langsung dengan banyak orang sekaligus.

Pengumuman perubahan ini dilakukan melalui platform X, yang dulunya dikenal sebagai Twitter. Dalam posting di akun resmi @WhatsApp di platform tersebut, dijelaskan bahwa fitur voice chat memungkinkan pengguna untuk membahas berbagai topik secara langsung dengan siapa pun.

Meskipun WhatsApp telah menyediakan fitur panggilan grup sebelumnya, fitur voice chat yang baru memiliki beberapa perbedaan signifikan.

Salah satu perbedaan utama adalah kapasitas pengguna, yang kini bisa mencapai 128 anggota, sementara panggilan grup sebelumnya hanya mendukung hingga 32 anggota. Selain itu, voice chat tidak mengadopsi nada dering seperti panggilan telepon pada umumnya.

Baca Juga : Cara Login WhatsApp Web di Chrome, Safari, Mozilla

Jika pada panggilan grup pengguna harus menunggu panggilan masuk dan memilih untuk bergabung, voice chat langsung memberikan ikon untuk menandakan bahwa obrolan sedang berlangsung. Pengguna dapat bergabung dengan mengklik ikon tersebut tanpa adanya proses panggilan masuk.

Selama sesi obrolan, anggota grup dapat tetap mengirimkan pesan di grup yang sama dan bahkan berkirim pesan pribadi tanpa meninggalkan obrolan grup. Tombol kontrol voice chat akan muncul di bagian atas layar WhatsApp untuk memberikan pengguna kontrol yang lebih baik terhadap obrolan suara.

Fitur voice chat grup ini dapat diakses oleh siapa saja yang bergabung ke dalam grup WhatsApp dan dirancang untuk memfasilitasi diskusi kelompok dalam lingkup yang lebih besar, mirip dengan fitur yang ada di Discord.

WhatsApp telah mengumumkan bahwa fitur ini akan dirilis secara global dan akan tersedia untuk perangkat iOS dan Android dalam beberapa minggu mendatang. Awalnya, fitur ini akan tersedia untuk grup dengan jumlah anggota minimal 33 orang.

WhatsApp menegaskan bahwa keamanan fitur voice chat dijamin melalui enkripsi end-to-end secara default, sehingga pesan yang dibagikan dalam obrolan tersebut tetap aman dari akses oleh pihak yang tidak berwenang.

Dengan peningkatan ini, WhatsApp terlihat semakin mengejar tren obrolan suara grup yang telah diperkenalkan oleh platform lain seperti Clubhouse, Discord, dan Telegram. 

Baca Juga : X/Twitter Akan Minta Uang untuk Iklan yang Sebar Unggahan Hoaks