Mulai 30 November 2021 Kartu Magnetik BCA di Blokir, Ini Contoh Kartu Yang Perlu Diganti Dan Cara Penggantiannya !

Mulai hari ini 1 Desember, Bank BCA Blokir kartu Magnetik. periksa kartumu sekarang dan simak cara penggantian kartu BCA. Berikut informasinya !

Mulai 30 November 2021 Kartu Magnetik BCA di Blokir, Ini Contoh Kartu Yang Perlu Diganti Dan Cara Penggantiannya !
Ilustrasi Kartu Chip Bca terbaru yang harus kamu dapatkan sebagai pengganti kartu Magnetik. Gambar : Instagram.com/@goodlifebca

BaperaNews - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menghimbau untuk para nasabahnya yang masih menggunakan kartu ATM berbasis strip magnetik untuk segera melakukan penukaran kartu debit. Karena Bank Central Asia akan mulai memblokir semua kartu debit magnetik atau non chip mulai hari ini, Rabu (01/12/2021). Dengan diblokirnya seluruh kartu debit magnetik itu artinya kartu debit non chip sudah tidak bisa lagi digunakan untuk bertransaksi.

Manajemen BCA menyatakan bahwa setelah tanggal 30 November 2021, semua jenis kartu debit perusahaan milik PT BCA dari Debit BCA, Xpresi BCA, Tapres, TabunganKu, BCA Dollar, Simpanan Pelajar, hingga BCA Cash yang belum menggunakan teknologi cip tidak bisa lagi digunakan.

“Karena kartu tanpa chip tidak bisa lagi digunakan untuk bertransaksi dan otomatis terblokir," tulis manajemen BCA, dikutip Selasa.

Sebagai informasi, kartu debit berbasis chip adalah kartu yang memiliki lempengan chip kecil berwarna emas di bagian depan kartu.

Keputusan pemblokiran ini sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 17/52/DKSP yang mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis chip pada akhir 2021.

Untuk memfasilitasi kebijakan tersebut, Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F Haryn menyampaikan bahwa sampai dengan September 2021 jumlah kartu debit BCA yang tercatat sekitar 24,8 juta dan 21,6 juta diantaranya sudah menggunakan chip. Dan BCA pun menyiapkan beberapa jenis layanan untuk penukaran kartu debit berbasis chip.

Penggantian kartu debit dapat dilakukan di seluruh kantor cabang, mesin customer service (CS) digital BCA, BCA Mobile, ataupun mengajukan penggantian melalui Halo BCA. Masyarakat dapat menghubungi Halo BCA melalui Halo BCA Apps ataupun nomor 1500888. Dan untuk lokasi cabang CS Digital pun dapat di cek laman website resmi BCA.

Penukaran kartu debit berbasis chip yang dilakukan di kantor cabang BCA dipastikan tidak ada pungutan biaya. Namun jika nasabah melakukan penukaran kartu debit melalui Halo BCA ataupun aplikasi halo BCA maka akan dikenakan biaya tarif pengiriman kartu sebesar Rp20.000.

"Khusus Simpanan Pelajar dan BCA Cash penggantian kartu hanya bisa dilakukan melalui Kantor Cabang BCA terdekat," tulis manajemen BCA.

Hera juga menjelaskan bahwa sejak Agustus 2017 mesin CS Digital BCA dengan fitur ganti ATM telah tersedia di beberapa lokasi dan fitur ganti kartu ATM menggunakan KTP elektronik sudah dapat dilakukan sejak April 2019.

Berikut ini contoh kartu BCA Magnetik yang perlu kamu ganti : 

Ilustrasi kartu ATM magnetic stripe(Kompas.com/Nur Fitriatus Shalihah)

Tanda yang paling mudah untuk mengetahui bahwa kartu kamu perlu diganti yakni jika ditampilan depan kartumu tak ada chopnya, maka kamu perlu segera ganti kartu karena kartu magnetic sudah tak bisa lagi berfungsi di Atm Bca