WhatsApp Akan Rilis Fitur Baru, Bisa Kirim Chat ke Aplikasi Lain

WhatsApp merencanakan fitur baru 'Obrolan Pihak Ketiga' yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi lain, mengikuti persyaratan Uni Eropa.

WhatsApp Akan Rilis Fitur Baru, Bisa Kirim Chat ke Aplikasi Lain
WhatsApp Akan Rilis Fitur Baru, Bisa Kirim Chat ke Aplikasi Lain. Gambar : Ilustrasi Kretaor BaperaNews Via Canva

BaperaNews - WhatsApp sedang kembangkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya bisa mengirim pesan ke pengguna aplikasi lain seperti Telegram.

Pembaruan beta WhatsApp untuk Android versi 2.23.19.8 menampilkan fitur baru yang disebut “Obrolan Pihak Ketiga” namun belum berfungsi dan belum bisa diakses pengguna.

Judul fitur baru WhatsApp ini pun mengisyaratkan adanya langkah untuk memungkinkan pengguna chat ke aplikasi lain atau lintas platform.

Versi beta dari aplikasi milik Meta ini dikonfirmasi oleh Komisi Uni Eropa bahwa WhatsApp telah memenuhi standar “gatekeeper” di bawah Digital Markets Act Uni Eropa yang mengharuskan semua perangkat lunak termasuk WhatsApp bisa berinteraksi atau chat ke aplikasi lain mulai Maret 2024.

“WhatsApp sedang berusaha patuh pada aturan Uni Eropa dengan kembangkan dukungan interoperabilitas obrolan dan ini akan tersedia dalam pembaruan di masa mendatang” tulis WABetaIndo hari Senin (11/9).

Tujuan Digital Markets Act Uni Eropa ialah tidak memaksakan kondisi yang tidak adil dan memastikan layanan digital yang terbuka. 

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp, Bisa Buat Grup Tanpa Nama

Selain mendikte aplikasi pesan harus bisa chat ke aplikasi lain, aturan juga mewajibkan gatekeepers mengizinkan pengguna menghapus aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya atau belanja di toko aplikasi alternatif.

Interoperabilitas memungkinkan orang lain menghubungi pengguna di WhatsApp meski mereka tidak punya akun WhatsApp.

Meski fitur baru WhatsApp bisa memungkinkan seseorang punya jaringan lebih luas dan jauh lebih mudah dalam berkirim pesan serta memungkinkan pengguna tidak harus menginstal semua aplikasi perpesanan untuk bisa berkontak dengan orang lain,

Fitur ini juga dirasa bisa timbulkan masalah terutama dalam enkripsi end to end ketika ada pesan dari pengguna selain pemakai WhatsApp yang nantinya berdampak pada privasi pengguna da nisi chat itu sendiri. Maka perlu kerjasama lebih erat antar platform terkait pengaturan privasi pesan yang dikirim pengguna.

Fitur baru WhatsApp ini masih dikembangkan oleh Meta. Informasi teknis maupun rencana rilis masih sangat terbatas dan belum diinformasikan oleh Meta.

Selain WhatsApp, Uni Eropa juga sedang mengawasi aplikasi iMessage milik Apple, Bing milik Microsoft, hingga Edge patuh pada standar aturannya atau tidak. 

Meta belum buka suara terkait rencana fitur kirim pesan antar platform ini, tunggu informasi resminya dari Meta ya.

@baperanews.com WhatsApp sedang kembangkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya bisa mengirim pesan ke pengguna aplikasi lain seperti Telegram. Pembaruan beta WhatsApp untuk Android versi 2.23.19.8 menampilkan fitur baru yang disebut “Obrolan Pihak Ketiga” namun belum berfungsi dan belum bisa diakses pengguna. #whatsapp #fiturbaru #android #baperanews ♬ News - AShamaluevMusic

Baca Juga : WhatsApp Rilis Fitur Baru, Bisa Screen Sharing Saat Video Call