Varian Omicron Sudah Masuk Indonesia, Berikut Ciri Ciri Gejala dan Langkah Pencegahan

Varian Omicron masuk ke Indonesia, Ketahui ciri-ciri gejala yang ditimbulkan dan langkah pencegahannya. Berikut informasi lengkapnya !

Varian Omicron Sudah Masuk Indonesia, Berikut Ciri Ciri Gejala dan Langkah Pencegahan
Varian Omicron masuk ke Indonesia, Ini Ciri-ciri dan gejala Omicron yang perlu diketahui. Gambar : freepik.com

BaperaNews - Virus covid 19 varian Omicron diketahui telah masuk ke Indonesia pada Rabu, 15 Desember 2021 dimana hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat keterangan pers Kamis 16 Desember 2021.

“Ada 3 orang pekerja cleaning service RS Wisma Atlet yang positif PCR nya, tapi yang satu positif Omicron” jelas Budi. Kemudian ia juga melanjutkan ketiga pasien tersebut adalah tanpa gejala.

Kemenkes mendeteksi 5 kasus probable Omicron yaitu jika disertai gejala menggigil, batuk, sesak nafas, kelelahan, nyeri otot dan tubuh, sakit kepala, hilang perasa dan penciuman, sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan berair, mual muntah, serta diare.

Kemenkes menambahkan langkah pencegahan Omicron yaitu :

  •         Jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain.
  •         Pakai masker yang pas dan tepat.
  •         Buka jendela untuk ventilasi yang baik di rumah.
  •         Hindari kerumunan dan area dengan ventilasi buruk.
  •         Jaga tangan selalu bersih.
  •         Jika batuk lakukan dengan tisu yang tertekuk atau ke siku.
  •         Vaksinasi.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat untuk mengikuti himbauan Presiden Jokowi yaitu memutus mata rantai Covid 19 dengan tidak bepergian ke luar negeri.

“Lebih penting adalah diri sendiri dan mengajak keluarga serta orang terdekat untuk vaksinasi, terlebih saat ini pemerintah akan sudah memberi vaksin pada anak usia 6 – 11 tahun, setiap orang harus sadar tentang ini, vaksin bisa melindungi diri sendiri dan orang sekitar kita” ungkap Bambang di keterangan persnya.

“Tak perlu takut berlebihan, yang penting adalah kita vaksin dan perketat protokol kesehatan. Sejauh ini kita sudah berhasil menangani Covid19 varian alfa, gamma, juga beta yang menyerang di gelomang pertama dan kedua kemarin, mari kita perkuat diri masing-masing agar Omicron tidak menyebar di Indonesia” lanjut Bambang.

Adanya Omicron ini membuat Wapres Ma’ruf Amin meminta daerah memperketat PPKM setiap daerah sesuai levelnya. “Daerah sebaiknya memperketat PPKM di wilayahnya sesuai levelnya, kalau soal level kan bisa naik turun, makanya perlu diperketat untuk mencegah menyebarnya Omicron di perayaan Natal dan Tahun Baru ini” tegas Ma’ruf saat menghadiri Kongres Persatuan Insinyur Indonesia di Bali Kamis 17 Desember 2021.