Uji Coba Ganjil Genap Depok Dihentikan Mulai 18 Desember 2021, Ini Alasannya!

Kasat Lantas Polres Metro Depok Komisaris menyampaikan bahwa uji coba ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, akan dihentikan mulai hari, Sabtu (18/12/2021). Berikut alasan uji coba ganjil genap Depok di hentikan !

Uji Coba Ganjil Genap Depok Dihentikan Mulai 18 Desember 2021, Ini Alasannya!
ilustrasi lalin jelang mulut ganjil genap Margonda, Depok di Lenteng Agung. Gambar : ANTARA FOTO/ Dok. ASPRILLA DWI ADHA

BaperaNews - Uji coba ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, akan dihentikan mulai hari, Sabtu (18/12/2021).

Kasat Lantas Polres Metro Depok Komisaris Jhoni Eka Putra menyampaikan bahwa keputusan ini berdasarkan dengan hasil evaluasi uji coba ganjil-genap Kota Depok yang mulai berlaku beberapa waktu lalu.

"Dalam uji coba gage (ganjil genap) kemarin, kami menilai kebijakan itu memang efektif, namun untuk jalan yang diberlakukan gage saja. Sementara, jalan alternatif justru terjadi kepadatan," kata Jhoni saat dihubungi, Jumat (17/12/2021).

Jhoni menyampaikan bahwa arus lalu lintas di Jalan Margonda Raya menjadi lancar saat diterapkan uji coba ganjil genap. Namun, sebaliknya kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan lain seperti jalan-jalan alternatif lainnya.

"Di Margonda itu mengalami peningkatan yang baik, lancar. Tapi di dalam buangannya, jalan alternatifnya itu terjadi penurunan jaringan, jadi kemacetan tetap panjang, kecepatan berkurang, kemudian waktu tempuh bertambah. Jadi upaya kita ini untuk evaluasi lagi," ujar Jhoni.

Melihat seperti itu, pihaknya pun akan mulai memberhentikan penerapan ganjil genap dan sebagai gantinya untuk mengurangi kemacetan di Kota Depok ia akan menertibkan faktor kemacetan lainnya, seperti parker liar dan pemasangan rambu – rambu lalu lintas. Meski ganjil genap dihentikan, pihaknya tidak menutup kemungkinan kebijakan tersebut akan diberlakukan lagi nanti.

"Tidak ada pembahasan bahwa gage tidak akan diterapkan. Bisa saja di waktu yang akan datang akan dilaksanakan, baik itu bulan atau di tahun depan. Namun, untuk saat ini, upaya menanggulangi kemacetan berupa penertiban parkir liar," jelasnya

Sebelumnya, ganjil genap Depok mulai diberlakukan tiap Sabtu – Minggu pada 4 – 5 Desember dan 11 – 12 Desember 2021. Ganjil genap pada akhir pekan ini diberlakukan pada pukul 12.00 – 18.00 WIB.

Uji coba ganjil genap dua pekan kebelakang ini menimbulkan kemacetan di luar Jalan Margonda Raya. Warga pun menumpahkan kekesalan mereka melalui media sosial.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Eko Herwiyanto pun mengakui bahwa ganjil genap di Jalan Margonda telah menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Eko menjelaskan bahwa peningkatan volume kendaraan dan kemacetan terpantau di Jalan Komjen Pol M Jasin (Jalan Raya Kelapa Dua) dan Jalan Raya Siliwangi.