Status Darurat Covid-19 Dicabut, Stasiun Jepang Kembali Padat

Stasiun Komuter dan Kereta di Jepang kembali dipadati orang karena status darurat Covid-19 dicabut dari negara tersebut

Status Darurat Covid-19 Dicabut, Stasiun Jepang Kembali Padat
Ilustrasi stasiun Kereta Jepang yang dipenuhi banyak orang (26 Mei 2020) (AP Photo/Eugene Hoshiko)

BaperaNews - Setelah pemerintah mencabut status darurat pandemi Covid-19 yang dilakukan baru-baru ini, stasiun komuter dan kereta di Jepang kembali dipenuhi warga yang beraktivitas.

Seperti yang terjadi di stasiun kereta Shinagawa di Tokyo yang telah terlihat ramai oleh para penumpang yang menggunakan masker dan bergegas untuk kembali bekerja di perkantoran usai ditutup selama kurang lebih 1 tahun.

Akifumi Sugihara yang merupakan seorang pekerja kantoran berusia 46 tahun menyampaikan bahwa dalam setahun terakhir, ia akhirnya kembali naik komuter untuk pertama kalinya.

Sugihara menyampaikan bahwa selama lebih dari setahun ia telah bekerja dari rumah dan ia pun datang ke kantornya yang berada di Tokyo karena kebijakan darurat Covid-19 telah dicabut hari ini.

Kemudian ia menyampaikan bahwa hal tersebut seperti sudah lama sekali dan ia merasa bahwa ini adalah awal yang baru, sebagaimana dikutip dari Associated Press.

Sementara itu, Kaori Hayashi yang merupakan seorang pekerja kantor lainnya yang berusia 37 tahun menyampaikan bahwa stasiun kereta sudah seharusnya penuh dan sibuk di hari-hari kerja.

Hayashi menyampaikan bahwa dalam pikirannya tidak ada yang benar-benar berubah. Ia pun menambahkan bahwa ia tetap harus berhati-hati. Ia juga mengatakan bahwa ia akan tetap waspada dan menjalani hidupnya seperti biasa.

Jepang mulai melonggarkan kebijakan pembatasan pandemi Covid-19 dan juga tetap waspada terhadap adanya risiko lonjakan infeksi virus corona akibat varian Delta yang lebih cepat menular.

Yoshihide Suga selaku Perdana Menteri Jepang menyampaikan bahwa ia sangat berterima kasih kepada semua orang atas kesabaran dan kerjasama masyarakat yang telah menaati kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19 yang melanda. 

Selain itu, Yoshihide Suga juga mengingatkan kepada seluruh masyarakatnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Yoshihide Suga juga meminta kerjasama dari masyarakat Jepang agar dapat kembali ke kehidupan sehari-hari dengan perasaan aman.

Selama beberapa bulan terakhir, Pemerintah Jepang telah menerapkan status darurat pandemi Covid-19 di hampir separuh negaranya secara bertahap.

Setelah Jepang mengalami tren penurunan kasus virus Covid-19 yang stabil, Kebijakan status darurat Covid-19 itu akhirnya dicabut pada hari Kamis (30/09/2021).