Jokowi Ke Papua, Resmikan Perlombaan PON Dan Peresmian Pembangunan Infrastruktur

Jokowi kunjungan kerja ke Papua untuk resmikan insfrastruktur dan resmikan perhelatan akbar olahraga nasional yakni PON

Jokowi Ke Papua, Resmikan Perlombaan PON Dan Peresmian Pembangunan Infrastruktur
Presiden Jokowi Resmikan Tujuh Arena PON XX Papua (Laily Rachef/Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

BaperaNews - Selepas acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya dengan lepas landas dari bandara Halim Perdana Kusuma untuk berkunjung ke Papua.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yang dilakukan dengan upacara, digelar singkat, sederhana dan menerapkan prokes yang sangat ketat. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut juga dihadiri oleh Ma’ruf Amin (Wakil Presiden) yang digelas di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Kali ini Presiden tak hanya ingin memeriksa langsung progres dari proyek infrastruktur hingga meresmikannya, namun juga untuk meresmikan perhelatan akbar olahraga nasional yang dijadwalkan tanggal 02 Oktober.

Kehadiran Presiden Jokowi tentu sangat dinantikan oleh masyarakat. Tak hanya masyarakat Papua, namun juga rakyat Indonesia. Mengingat PON merupakan cara bergengsi dan penting. Terlebih lagi momen perhelatan akbar ini digelar di Papua, yang mana untuk kali pertamanya digelar disana.

Ini adalah momen langka dan patut diapresiasi. Selama pemerintahan Presiden Jokowi, pemerataan hingga ke semua daerah diupayakan semaksimal mungkin dari segala aspek.

Sesampainya di bandara Sentani, Jayapura, Presiden Jokowi langsung beristirahat terlebih dahulu dan melanjutkan agenda kunjungan kerjanya esok hari.

Selama perjalanannya itu, Presiden ditemani oleh beberapa bawahannya antara lain Bahlil Lahadalia (Mentri Investasi), Marsekal Hadi Tjahjanto (Panglima TNI), Heru Budi Hartono (Kepala Sekretariat Presiden), Marsda TNI M Tonny Harjono (Sekretaris Militer Presiden), Mayjen TNI Tri Budi Utomo (Komandan Paspampres) dan juga Billy Mambrasar (Staf Khusus Presiden).

Penjelasan dari Mahfud MD (Menko Polhukam), rencananya jika tak ada kendala PON XX yang diselenggarakan mulai tanggal 02 Oktober hingga selesai tanggal 15 Oktober. Ia juga telah memastikan lebih lanjut bahwa untuk acara PON XX tersebut, dipastikan akan berjalan sesuai rencana, aman dan kondusif.

“Faktor keamanan sudah saya pastikan dijaga ketat dan berlapis, namun kedamaian itu tetap tampak tanpa adanya unsur menyeramkan sedikitpun” kata Mahfud MD saat menyaksikan langsung proses gladi resik yang didampingi oleh Tito Karnavian Mendagri.

Dalam serangkaian kunjungannya itu, Presiden Jokowi juga akan mengunjungi Distrik Sofa yang terdapat di Kabupaten Merauke untuk melihat kondisi Pos Perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini.

Rencananya, Presiden Jokowi juga akan meresmikan pembukaan Peparnas di Jayapura.