Sering Disepelekan, Ini Bahaya Penyakit Flu Bagi Anak-Anak Hingga Orang Dewasa

Penyakit flu memang sering disepelekan oleh kebanyakan orang. Namun, perlu Anda ketahui flu memiliki bahaya juga yang bisa berakibat fatal.

Sering Disepelekan, Ini Bahaya Penyakit Flu Bagi Anak-Anak Hingga Orang Dewasa
Bahaya Penyakit Flu. Gambar : Pixabay.com/Dok. Mojpe

BaperaNews - Flu memang dianggap sebagai penyakit yang biasa bagi sebagian orang. Bahkan, tak sedikit yang beranggapan bahwa flu tersebut dapat disembuhkan hanya dengan obat yang bisa didapat di warung.

Tercatat, data Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat mencatat ada sekitar 12.000 hingga  52.000 kasus kematian terkait flu selama tahun 2010 hingga 2020. Kendati demikian, flu masih sering dianggap sebagai penyakit batuk dan pilek biasa.

Pakar penyakit menular Kirtin Englund menyampaikan flu tidak bisa dianggap sebagai penyakit sepele karena penyakit ini bisa membebani tubuh kita.

“Ada banyak tekanan pada sistem tubuh anda saat terserang flu dan bekerja melawan infeksi – dapat menyebabkan segala macam komplikasi,” ujarnya.

Flu merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang bisa menyebakan berbagai gejala seperti batuk, demam, dan pilek. Selain itu, flu juga dapat menyebabkan gejala yang bertahan lebih lama dan lebih parah dari kondisi awal. Bahkan, orang yang sehat pun bisa mengalami komplikasi parah akibat influenza.

"Tetapi jika Anda memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya, risikonya menjadi jauh lebih besar," ujar Englund.

Baca Juga : Terlalu Cinta, Remaja 15 Tahun Ini Nekat Suntik Tubuhnya Dengan Darah HIV Milik Sang Pacar

Dalam kasus yang parah, flu dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya seperti pneumonia, dehidrasi, infeksi sinus, infeksi telinga. Semua penyakit ini dapat lebih mudah menyerang anak-anak dibandingan dengan orang dewasa. Selain itu, flu juga bisa memperburuk kondisi medis jangka panjang, seperti gagal jantung kongestif, asma, atau diabetes.

Mereka yang mengalaami flu juga dapat mengalami peradangan otot (miostitis), masalah dengan sistem saraf pusat, dan masalah jantung seperti serangan jantung, radang organ (miokarditis), dan radang kantung di sekitarnya (perikarditis). Penyakit flu dapat dicegah dengan melalui vaksinasi.

Selain itu flu juga dapat dicegah dengan pola hidup sehat dengan cara berikut:

  1. Pakailah masker

Flu menyebar dengan cepat melalui tetesan yang dibuat oleh orang yang batuk, bersin, atau berbicara saat mereka terinfeksi. Dengan memahami masker, kemungkinan virus flu untuk masuk ke tubuh Anda akan berkurang.

  1. Sering cuci tangan

Mencuci tangan dengan bersih akan mengurangi kemungkinan pindahnya virus dari benda yang terkontaminasi ke mulut atau hidung Anda.

  1. Hidup sehat

Menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan dengan menjaga pola makan dan olahraga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan Anda dan membentengi tubuh Anda untuk melawan infeksi.