Seleksi Masuk PTN 2023 Dirubah, Ini Yang Harus Disiapkan Guru Dan Siswa

Beberapa waktu lalu Nadiem Makarim merubah aturan seleksi mahasiswa baru masuk PTN, untuk itu para guru dan siswa harus melakukan segala persiapan seleksi masuk PTN 2023. Simak persiapannya!

Seleksi Masuk PTN 2023 Dirubah, Ini Yang Harus Disiapkan Guru Dan Siswa
Persiapan seleksi masuk PTN 2023 untuk guru dan siswa. Gambar : Republika/Dok. Bowo Pribadi

BaperaNews - Beberapa waktu lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim merubah aturan seleksi mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Oleh karena itu, para guru dan siswa harus melakukan segala persiapan seleksi masuk PTN 2023

Diketahui, seleksi masuk PTN yang diubah adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN, lalu seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau SBMPTN, dan ujian mandiri. 

Aturan SNMPTN yang terbaru adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang mengacu pada rata-rata nilai rapor dan minat bakat siswa. Sedangkan untuk ujian mandiri, Nadiem Makarim meminta untuk PTN transparan untuk kuota penerimaan, metode ujian, dan besaran biaya masuk.

Tak hanya itu, Kemendikbud juga menghapus tes potensi akademik (TPA) pada SBMPTN dan digantikan oleh Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) serta hanya menyisakan tes potensi skolastik (TPS) saja. 

Perubahan pada skema seleksi masuk PTN ini dianggap sebagai sebuah transformasi positif di dunia pendidikan. Oleh karena itu, para guru dan siswa harus mengetahui segala persiapan seleksi masuk PTN 2023. 

Baca Juga : Syarat, Jenis Tes Dan Aturan SBMPTN 2023 Terbaru

Berikut Beberapa Persiapan Seleksi Masuk PTN 2023 untuk Guru dan Siswa: 

  1. Mempersiapkan siswa untuk belajar secara menyeluruh

Pada seleksi masuk PTN berdasarkan jalur prestasi (SNMPTN), nantinya akan memakai perhitungan minimal 50 persen nilai rapor seluruh mata pelajaran dan maksimal 50 persen untuk komponen menggali minat bakat. 

Oleh karena itu, para siswa kini lebih terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran. Pada jalur SNMPTN siswa tidak akan dihadapkan hanya pada beberapa mata pelajaran tertentu saja.

Dengan demikian, siswa diharapkan bisa memberikan perhatian dan fokus terhadap seluruh mata pelajaran. Namun, siswa juga dituntut untuk tidak mengabaikan nilai-nilai mata pelajaran yang lain. 

Kesempatan ini juga bisa digunakan untuk siswa dapat mempelajari bidang-bidang yang sesuai passion yang selama ini tidak menjadi pelajaran utama seperti kesenian, olahraga, dan lain-lain. 

  1. Mempersiapkan siswa untuk berlatih menalar yang baik

Pelaksanaan seleksi masuk PTN 2023 jalur SBMPTN, kedepannya para siswa akan berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah (tes skolastik) yang terdiri dari potensi kognitif, penalaran matematika, literasi Bahasa Indonesia, dan literasi Bahasa Inggris. 

Sehingga, para siswa nantinya tidak akan lagi dibebankan pada kemampuan untuk menghafal materi ataupun rumus. Tetapi siswa akan dihadapkan pada permasalahan baru yaitu kemampuan bernalar siswa untuk menerapkan rumus atau konsep sebuah pelajaran ke dalam sebuah masalah. 

  1. Mempersiapkan guru dan sekolah untuk memberikan pelajaran yang sesuai

Sebagai pendidik, kini guru tidak perlu mengejar standar nilai. Tetapi, guru harus bisa melatih peserta didiknya agar dapat bernalar dalam memecahkan suatu masalah, tidak hanya sekedar menghafal materi atau rumus pelajaran. Salah satunya adalah lewat soal-soal TPS, yang berguna untuk latihan para siswa. 

Oleh karena itu, guru dan pihak sekolah juga berperan penting dalam memberikan materi pelajaran dan soal-soal yang relevan untuk seleksi masuk PTN jalur SBMPTN nantinya. 

Demikian beberapa persiapan seleksi masuk PTN 2023 untuk siswa dan guru siapkan nantinya. Dan untuk siswa yang akan melanjutkan ke pendidikan selanjutnya, semangat terus ya! 

Baca Juga : Tidak Semua Guru Yang Lulus PG 2021 Bisa Diangkat Jadi ASN PPPK 2022, Ini Penyebabnya!