Presiden AFC Puji Timnas Indonesia: Pencetak Sejarah

Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa puji timnas Indonesia sebagai pencetak sejarah. Simak Selengkapnya!

Presiden AFC Puji Timnas Indonesia: Pencetak Sejarah
Presiden AFC Puji Timnas Indonesia: Pencetak Sejarah. Gambar: The Peninsula Qatar

BaperaNews - Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, memberikan penghargaan kepada 18 tim yang berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Di antara mereka, Timnas Indonesia menjadi satu-satunya perwakilan dari ASEAN yang berhasil melangkah ke tahap selanjutnya.

Pada pernyataannya, Shaikh Salman mengapresiasi prestasi semua tim yang berhasil lolos, menganggapnya sebagai bukti dari kualitas dan perjuangan federasi sepak bola di Asia. 

Salman bin Ebrahim Al Khalifa juga khusus menyebut Palestina, Indonesia, dan Kirgistan sebagai "pencetak sejarah" yang berhasil menembus putaran ketiga untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

"Palestina, Indonesia, dan Republik Kirgizstan telah menangkap imajinasi Benua Asia dan sekitarnya dengan lolos ke Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk pertama kalinya dalam sejarah," ujar Shaikh Salman seperti dilaporkan dari laman AFC.

Menurut Shaikh Salman, pencapaian ini adalah hasil dari upaya luar biasa yang dilakukan oleh masing-masing asosiasi sepak bola setempat. Ia menilai bahwa langkah ini tidak hanya membanggakan bagi negara mereka, tetapi juga memperlihatkan kemajuan yang signifikan dalam sepak bola di kawasan Asia.

Timnas Indonesia, bersama dengan Palestina dan Kirgistan, diberikan apresiasi khusus atas pencapaian mereka yang monumental. 

Ketiganya menjadi bagian dari 18 tim yang berhasil melaju ke tahap berikutnya dalam persaingan untuk memperebutkan tiket menuju Piala Dunia FIFA 2026.

Dalam komentar selanjutnya, Shaikh Salman juga menyoroti kontribusi penting dari semua federasi sepak bola di Asia yang terus bekerja keras untuk meningkatkan standar dan kualitas permainan. 

Salman bin Ebrahim Al Khalifa optimis bahwa langkah ini akan semakin menegaskan posisi AFC sebagai salah satu konfederasi sepak bola terkemuka di dunia.

"Kami berharap semua tim kami, termasuk para pemain debutan yang patut dicatat, mendapatkan yang terbaik untuk meraih kesuksesan saat mereka berusaha menciptakan lebih banyak sejarah di babak yang menentukan ini," tambahnya.

Baca Juga : Hasil Pertandingan Timnas Indonesia: Taklukan Filipina, Garuda Pastikan Tempat di Putaran Ketiga

Sebagai informasi, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan mempertemukan Timnas Indonesia dengan lawan-lawan berat dalam upaya meraih tiket menuju ajang bergengsi tersebut. 

Pasukan Shin Tae-yong dipastikan akan menghadapi 10 pertandingan sengit untuk memperjuangkan mimpi berada di Piala Dunia, yang menjadi motivasi utama bagi semua pemain.

Pernyataan dari Presiden AFC ini juga mencerminkan semangat kompetisi yang tinggi di antara tim-tim Asia dalam upaya untuk menampilkan permainan terbaik mereka di kancah internasional. 

Presiden AFC berharap agar kompetisi ini tidak hanya menghasilkan tim-tim terbaik yang layak berlaga di Piala Dunia, tetapi juga memperkaya perkembangan sepak bola di seluruh Asia.

Sebelumnya, Indonesia juga telah menjadi tuan rumah beberapa ajang besar sepak bola Asia, menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung pengembangan olahraga ini di tingkat regional maupun internasional. 

Kiprah Timnas Indonesia di pentas internasional semakin menambah kebanggaan bagi para penggemar sepak bola Tanah Air.

Baca Juga : Lionel Messi: "Inter Miami Akan Menjadi Klub Terakhir dalam Karier Saya"