Sering Lupa? Ini Makanan yang Bisa Membantu Menjaga Daya Ingat

memiliki daya ingat yang baik sangatlah dibutuhkan, berikut makanan yang membantu menjaga daya ingat

Sering Lupa? Ini Makanan yang Bisa Membantu Menjaga Daya Ingat

BaperaNews - Tak hanya menjaga kesehatan tubuh saja yang harus kalian perhatikan. Kalian juga wajib menjaga daya ingat otak agar tetap bisa berpikir dengan baik. Daya ingat yang menurun akan sangat berpengaruh pada tingkat produktivitas kalian. Terlebih lagi jika usia kalian masih usia produktif, memiliki daya ingat yang baik sangatlah dibutuhkan dalam bekerja atau pun mengenyam pendidikan.

Kondisi pikun yang terjadi di usia tak seharusnya, bisa membuat kondisi kesehatan terganggu. Untuk menghindari kondisi pikun di usia produktif, ada baiknya kalian memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak agar tak jadi pelupa.

Beberapa makanan yang bisa menjaga daya ingat antara lain seperti

1.Kacang Kenari

Kandungan polifenol dan omega 3 yang ada di dalam kacang kenari, sangat baik dalam membantu mempertahankan daya ingat. Cara kerja dari zat – zat tersebut adalah meredakan peradangan dan mengurangi stres oksidatif.

2.Bayam

Sayuran rumahan dan banyak disukai oleh masyarakat ini memiliki kandungan zat besi yang melimpah. Namun untuk kandungan zat lain yang ada di dalam sayur bayam ini belum banyak yang tahu. Zat seperti folat dan magnesium, sangat baik untuk membantu fungsi kognitif dari organ otak sehingga merangsang kemampuan daya ingat.

3.Yogurt

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di Universitas California, orang yang mengkonsumsi yogurt secara rutin setidaknya 2 kali sehari, terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi yogurt.

4.Kuning Telur

Mungkin banyak orang yang menghindari untuk mengkonsumsi kuning telur karena kandungan kolesterol yang tinggi. Sebenarnya makan kuning telur tidak harus dihindari karena bisa membantu mempertahankan daya ingat. Yang penting kan tidak berlebihan. Berbagai kandungan zat seperti seng, magnesium, vitamin B12 dan vitamin D sangat baik untuk merangsang proses pengembangan memori pada otak.

5.Ikan

Untuk jenis ikan yang bisa membantu menjaga daya ingat adalah ikan salmon. Ikan jenis lain juga bisa membantu, namun dari tingkat keefektifannya jelas berbeda, karena kandungan zatnya pun juga berbeda. Kandung zat seperti lemak sehat, selenium dan yodium. Ketiga zat tersebut mempunyai manfaat baik bagi kinerja otak.

Nah, beberapa makanan yang bisa membantu menjaga daya ingat di atas bisa kalian coba untuk konsumsi. Meski baik untuk otak, mengkonsumsi berlebihan tidak dianjurkan.