Merawat Kusen Kayu Tanpa Bantuan Tukang Bangunan, Ini Caranya

Perawatan kusen kayu ternyata bisa dilakukan sendiri, berikut tips lengkap merawat kusen kayu!

Merawat Kusen Kayu Tanpa Bantuan Tukang Bangunan, Ini Caranya

BaperaNews - Merawat kusen kayu, sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan tukang bangunan. Sebagian orang yang tak ingin repot dan takut malah merusak kusen atau dinding di sekitar kusen, memilih untuk menggunakan jasa tukang bangunan agar lebih aman.

Perawatan kusen kayu ada baiknya dilakukan secara mandiri. Dengan begitu kalian bisa menghemat pengeluaran dan mempunyai kemampuan baru. Selain itu, perawatan yang dilakukan secara mandiri justru hasilnya lebih baik. Kok bisa?

Merawat barang yang berstatus milik sendiri, tentu akan lebih hati – hati dan teliti agar tak terjadi kerusakan. Berbeda jika perawatan dilakukan oleh orang lain, dari segi kehati – hatiannya pun cenderung minim.

Di bawah ini, ada beberapa cara nih buat kalian yang ingin melakukan perawatan kusen kayu secara mandiri.

Rajin Membersihkan dari Debu

Meski sudah dibersihkan, debu – debu halus berpotensi menempel kembali pada permukaan kusen kayu. Agar kusen kayu di rumah kalian awet dan bertahan lama, pastikan minimal 1 minggu sekali membersihkannya dari debu yang menempel. Semakin banyak debu yang menempel akan menyebabkan penumpukan dan kerak.

Hal tersebut menjadi pemicu kerusakan pada kusen kayu karena menjadi lebih lembab dan tumbuh jamur. Hindari membersihkan kusen dengan air, karena akan menambah kelembaban kusen.

Jauhkan Barang dan Perabot yang Bersifat Tajam

Aktivitas yang tak disengaja seperti halnya memindahkan barang atau pun karena ulah anak – anak saat bermain di rumah, bisa saja membuat barang terbentur atau kontak langsung dengan kusen kayu. Jika kusen kayu sudah tergores, maka akan sulit untuk dihilangkan. Terlebih lagi jika timbul cekungan atau lubang karena tertekan benda tajam. Sebaiknya hindarkan barang atau perabot yang bersifat tajam dan keras dari kusen kayu.

Lakukan Pengecatan Berkala

Agar kusen kayu kalian tampil lebih fresh, ada baiknya untuk melakukan pengecekan ulang secara berkala.

Menggunakan Zat Anti Rayap

Keberadaan rayap sering menjadi pemicu kusen kayu tak bertahan lama dan cepat rapuh. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan zat anti rayap dengan langsung mengoleskan ke bagian permukaan kusen kayu secara merata.

Segera Lakukan Penambalan Pada Bagian yang Berlubang

Jangan biarkan kusen kayu kalian berlubang. Segera lakukan penutupan agar tak digunakan sebagai sarang serangga sehingga memicu kerusakan pada kusen kayu.