Kronologi Kecelakaan Kereta Teknis Di Jalur KCJB, 2 Orang Tewas

Kereta teknis di jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dilaporkan mengalami kecelakaan pada Minggu (18/12), kecelakaan tersebut menewaskan dua orang.

Kronologi Kecelakaan Kereta Teknis Di Jalur KCJB, 2 Orang Tewas
Kronologi kecelakaan kereta teknis di jalur KCJB. Gambar : Tangkapan Layar Instagram/@infobandungbarat

BaperaNews - Kereta teknis di jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dilaporkan mengalami kecelakaan, anjlok pada Minggu (18/12), ada korban jiwa dan luka dalam insiden tersebut.

PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) menyampaikan kecelakaan kereta teknis di jalur KCJB terjadi sekitar pukul 16.00 WIB di Cipada, Cikalongwetan, Bandung Barat.

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ialah kereta api berkecepatan tinggi yang akan dioperasikan pertengahan 2023 mendatang, saat ini jalur sedang dibangun dan segala persiapan dilakukan. KCJB dibuat dengan bekerjasama dengan China. KCJB bisa beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/jam. Nantinya juga akan diperluas jalurnya hingga ke Surabaya.

Sementara dalam salah satu rekaman video kejadiannya, nampak sebuah kereta berwarna hijau keluar dari jalur. KCIC belum melakukan investigasi lanjutan terkait kecelakaan kereta teknis di jalur KCJB tersebut, pihaknya menjelaskan kasus baru ditangani oleh kepolisian setempat.

“PT KCIC menginformasikan kejadian tersebut masih dalam investigasi pihak terkait termasuk ada  4 tenaga kerja yang luka” pernyataan resmi KCIC.

Baca Juga : Tragedi MH370, Diduga Setelah 8 Tahun Hilang Kini Puing Pesawat Ditemukan Di Madagaskar

Sementara itu Direskrimum Polda Jawa Barat Kombes Yani Sudarto mengkonfirmasi memang ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut namun tidak dijelaskan tentang jumlah maupun kondisi lainnya, termasuk detail jumlah korban luka.

“Ada korban luka masih diidentifikasi berapa jumlah tepatnya, korban luka juga ada, saat ini sudah dibawa ke RS Santosa” ujar Sudarto.

Tim gabungan dari Puslabfor Polri dan Polda Jabar telah melakukan olah TKP dan menyelidiki sebab kecelakaan kereta teknis di jalur KCJB. “Untuk kronologinya masih diselidiki semua, dugaan sebab kecelakaannya juga belum diketahui” tutupnya.

2 Korban Tewas 5 Luka Berat

Pada hari ini Senin (19/12) Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo baru mengungkap jumlah korban tewas dan luka akibat kecelakaan kereta teknis di jalur KCJB. “Korban tewas 2 orang dan luka berat 5 orang, nanti untuk updatenya saya tanyakan lagi” tuturnya.

“Tim Labfor Mabes Polri dan Inafis sudah memback-up Polda Jawa Barat ya. Juga Labfor Jabar dan Inafis Jabar sudah turun ke TKP mengecek TKP bersama kementerian dan lembaga terkait untuk mencari tahu masalah apa yang jadi sebab kecelakaannya. Kita sudah terjunkan tim, kita datangkan Puslabfor Pusat juga” pungkasnya.

Pihak Polri akan menginformasikan kembali jika telah ditemukan perkembangan tentang penyebab kecelakaan kereta teknis di jalur KCJB dan hal terkait lainnya.

Baca Juga : Kronologi Hingga Penyebab Ledakan Tambang Sawahlunto