Komplotan Pembobol 18 Minimarket Kena Tembak di Tol Palimanan

Komplotan perampok minimarket yang menggunakan modus mencongkel pintu toko serta memutus sambungan listrik berhasil diamankan oleh polisi di Tol Palimanan. Simak berita lengkapnya!

Komplotan Pembobol 18 Minimarket Kena Tembak di Tol Palimanan
Hasil Pencurian Minimarket Yang Dilakukan Oleh Komplotan Pembobol. Gambar: beritajowo.com/ Erry Budi Prasetyo

BaperaNews - Komplotan perampok spesialis minimarket yang diketahui sudah melakukan aksi kriminalnya di 18 lokasi Jawa Tengah dan Jawa Barat disebut menggunakan modus mencongkel pintu toko dan memutus sambungan listrik.

Aksi terakhir mereka terendus polisi di Kendal Jawa Tengah juga di Palimanan Jawa Barat setelah penembakan di jalanTol Palimanan.

“Ini sudah target operasi (TO) kita sejak lama, mereka sering melakukan aksi di Jawa Barat dan Jawa Tengah, ada 8 TKP di Jawa Barat dan 9 TKP di Jawa Tengah, aksi terakhir mereka itu tanggal 8 Januari 2022 lalu yang akhirnya kita selidiki dan berhasil kita tangkap” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Jawa Tengah, Kombes Djuhandani Raharjo di kantornya Jumat 28 Januari 2022.

Dijelaskan oleh Kombes Djuhandani pula komplotan ini ada 4 orang, inisial MMP, RUS, KS, dan RS. Terakhir kali mereka beraksi di Alfamart Desa Campurejo Kecamatan Boja Kendal Jawa Tengah 8 Januari 2022 jam 05.45 WIB, mereka saat itu berhasil menggasak brankas serta dan berbagai dagangan di toko senilai Rp 41 juta.

Dalam aksinya, kata beliau, komplotan ini selalu memakai cara dengan mematikan aliran listrik di meteran utama, lalu mereka mencongkel pintu minimarket dan gemboknya untuk kemudian masuk dan merampok isi toko.uja

“Mereka itu selalu mengawali dengan mematikan aliran listrik utama dari meteran, kalau sudah, gembok pintunya dicongkel dan masuk ambil semua barang dagangan, ada juga yang tugasnya mengawasi di luar, sebelumnya juga ada yang bagian survey sasaran” jelas Djuhandani.

Baca Juga: Pertama di Asia, Thailand Izinkan Warganya Tanam Ganja di Rumah

Sebelumnya mereka terendus merampok 9 minimarket di Brebes, Semarang, Cirebon, Indramayu, dan Kuningan. Dan aksi terakhir yang di Kendal terlacak oleh polisi, Tim Kejahatan dan Kekerasan Polisi Daerah Jawa Tengah pun menyelidiki dan mengidentifikasi pelaku yang memakai mobil Avanza nomor A1438WA sejak 17 Januari.

Kedatangan polisi membuat mereka terkejut dan meminta pengemudi menabrak portal serta anggota polisi, petugas melakukan pengejaran hingga Palimanan Cirebon, saat mereka menempel kartu di Gerbang Tol Palimanan hari Selasa 18 Januari 2022 jam 00.00 WIB, petugas mencegat mereka.

Petugas yang berhasil menghindar terpaksa melepaskan tembakan. “Ada kesempatan berhenti di gerbang tol Palimanan, anggota kami minta mereka berhenti, mereka justru tancap gas menabrak portal dan anggota, terpaksa kita ber tindakan tegas”  ujar Djuhandani.

Meskipun awalnya sempat kabur, polisi menemukan mobil pelaku terparkir di pinggir ruas Tol Palimanan, 6 km dari gerbang tol, saat digeledah, mobil sudah tak ada penumpang dan ada bercak darah di jok. Barang curian juga ditemukan di bagasi, pengejaran pun membuahkan hasil, keempat anggota komplotan tersebut berhasil ditangkap di tempat terpisah.

Baca Juga: 8 Satwa Dilindungi Di Rumah Bupati Langkat, Ada Elang dan Orang Utan