BreadTalk Di Indonesia Perlahan Ganti Nama Jadi Mako

Brand roti BreadTalk dikabarkan telah berganti nama jadi Mako Cake & Bakery. Apa alasan BreadTalk ganti nama jadi Mako? Ini penjelasannya!

BreadTalk Di Indonesia Perlahan Ganti Nama Jadi Mako
BreadTalk di Indonesia perlahan ganti nama menjadi Mako Cake & Bakery. Gambar : Instagram/@mako_bakery

BaperaNews - Brand roti BreadTalk disebut telah berganti nama jadi Mako Cake & Bakery. Sebenarnya kehadiran gerai roti Mako ini bukan yang pertama kali, sebelumnya Mako pernah buka di Bandung pada tahun 2020, nama BreadTalk perlahan menghilang, diganti outlet Mako.

Apakah Benar BreadTalk ganti nama jadi Mako?

BreadTalk ganti nama jadi Mako karena lisensi nama BreadTalk telah habis, saham milik perusahaan Johnny Andrean tersebut juga telah dilepas. Sedangkan Mako ini digawangi oleh putri Andrean, Jessica Andrean.

Gerai roti BreadTalk pertama kali dibuka pada tahun 2000 di Bugis Junction, Singapura oleh George Quek, roti floss untuk pertama kali dikeluarkan sebagai roti khasnya. 10 gerai BreadTalk kemudian terus dibuka hingga tahun 2007, termasuk di luar negeri seperti di Malaysia hingga Shanghai China. Pada tahun 2007 pula, BreadTalk merayakan pembukaan cabang ke-100nya di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia, BreadTalk dikelola oleh Johnny Andrean, mulai dibuka pada Maret 2003 di Mall Kelapa Gading Jakarta. Johnny Andrean ialah pria asli Indonesia asal Singkawang, Kalimantan Barat. Ia memilih usaha BreadTalk karena rasa enak dan peminatnya tinggi sehingga menurutnya BreadTalk juga akan jadi primadona di Indonesia.

Baca Juga : KFC Tutup Layanan Pesan Antar 14022, Simak Cara Baru Order KFC!

Johnny Andrean membuat pabrik outlet BreadTalk Indonesia dengan desain dapur terbuka, sehingga pengunjung bisa melihat langsung bagaimana pembuatan roti dan cakenya, juga tentang tingkat kebersihan dan kecanggihan teknologi yang dimilikinya, yang tentu membuat pembeli lebih percaya akan mutunya.

Pria asli Singkawang tersebut menjamin BreadTalk dibuat dengan cara yang bersih dan memiliki rasa serta aroma yang lezat.

Kini BreadTalk telah resmi ganti nama jadi Mako Cake & Bakery, pergantian nama dilaksanakan secara bertahap.

Sejumlah gerai BreadTalk seperti di Mal Plaza Blok M, Mal The Park Sawangan Depok, dan Gandaria City menghilang, dan berubah jadi Mako, dengan isi roti serta konsep produk sama persis dengan BreadTalk.

Salah satu pegawainya menyebut perubahan BreadTalk di Indonesia ganti nama jadi Mako ini dilakukan sejak 23 Desember 2022, namun dengan produk yang lebih beragam.

“Sama saja untuk rotinya mah antara BreadTalk dengan Mako, namun lebih beragam” tuturnya.

Pegawai lain bernama Lisa mengaku sudah tahu nama BreadTalk di Indonesia telah diganti jadi Mako namun ia tidak tahu kapan persisnya.

“Tidak tahu, menunggu arahan manajemen” ungkapnya.

Hingga saat ini, PT Talkindo Selaksa Anugrah yang jadi pengelola BreadTalk Indonesia belum memberi keterangan resmi terkait perubahan nama ini.

Baca Juga : Popeyes Akan Dibuka Akhir Tahun, Simak Cara Dapat Voucher Diskon Popeyes!