Rusia Segera Buka Kantor Berita Berbahasa Indonesia di Jakarta!

Direktur Kerjasama Internasional Sputnik, Vasily Pushkov menyampaikan Rusia akan membuka kantor berita pemerintahan di Indonesia yang bernama Sputnik.

Rusia Segera Buka Kantor Berita Berbahasa Indonesia di Jakarta!
Rusia Segera Buka Kantor Berita Berbahasa Indonesia di Jakarta. Gambar : Antara Foto/Do. Rangga Pandu Asmara Jingga

BaperaNews - Rusia akan membuka kantor berita pemerintahan di Indonesia yang bernama Sputnik. Sputnik ialah anak perusahaan kantor berita resmi pemerintahan Rusia Segodnya. Sebelumnya Sputnik telah buka di Beijing China dan New Delhi India.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Kerjasama Internasional Sputnik, Vasily Pushkov ketika berkunjung ke Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara pada Rabu, (15/3). 

“Kami ingin luncurkan siaran berita dalam bahasa Indonesia” tutur Pushkov pada Kamis (16/3). Dalam kunjungannya, Pushkov didampingi oleh Wakil Pemimpin Redaksi Berita Asing Olga Lisogor dan Kepala Departemen Kristina Lyakh.

Jika memang terlaksana, kantor redaksi Sputnik akan berada di Jakarta dan menjadi kantor berita Rusia berbahasa Indonesia pertama yang berada di Asia Tenggara. Untuk alasan pembukaan di Indonesia, Pushkov menyebut alasan ekonomi dan populasi ialah yang utama.

“Kami selama ini selalu mendorong bahwa tempat selanjutnya ialah Jakarta, sebab kami melihat di sisi ekonomi dan populasinya, dan juga mudah untuk mencapai wilayah lain dari kota Jakarta” imbuhnya. Kantor redaksi Sputnik yang berada di Beijing dan New Delhi ialah yang terdekat dari Jakarta.

Baca Juga : Sering Buat Ulah, Gubernur Bali Ancam Cabut Visa VoA Untuk Turis Rusia dan Ukraina

Reaksi LKBN

Menyikapi rencana Sputnik, Redaktur Pelaksana LKBN Antara Gusti Nur Cahya menerima dengan terbuka, ia menyebut rencana Sputnik itu ialah hal yang baik. “Saya pikir ini ialah hal yang baik karena mempertimbangkan Indonesia, ASEAN memang memainkan peran penting dalam stabilitas politik dan ekonomi” tutur Nur.

Awal Kerjasama

Rencana kerjasama kantor berita Rusia dan Indonesia ini berawal dari adanya kunjungan kantor berita Rusia Segodnya ke Kedutaan Besar Indonesia di Rusia untuk menggelar acara pameran foto jurnalistik pada 13-17 Maret 2023 lalu.

Pada acara tersebut, ditampilkan puluhan karya juara kontes foto jurnalistik internasional Andre Stenin 2022. Peserta berasal dari berbagai negara dunia seperti Rusia, Guatemala, Bangladesh, Iran, China, dan Filipina.

Kontes ini bertujuan untuk mendukung dan mendorong para fotografer muda dunia, sekaligus memberi pengetahuan kepada publik tentang tantangan jurnalisme foto yang dihadapi di masa kini. 

Dari situlah muncul ketertarikan untuk membuka kantor cabang di Indonesia yang akhirnya kantor berita Sputnik berkunjung ke Indonesia dan sampaikan niat mereka untuk membuka cabangnya di tanah air.

Baca Juga : Putin Berikan Penghargaan Persahabatan Ke Aktor Steven Seagal