Kelaparan, Mahasiswa Ini Nekat Makan Pisang Dilakban Seharga Rp 1,7 Miliar

Seorang mahasiswa nekat memakan karya seni pisang dilakban milik seniman Maurizio Cattelan seharga Rp 1,7 miliyar karena kelaparan.

Kelaparan, Mahasiswa Ini Nekat Makan Pisang Dilakban Seharga Rp 1,7 Miliar
Mahasiswa Makan Karya Seni Pisang Dilakban Seharga Rp 1,7 Miliyar. Gambar : Reuters/Dok. Eva Marie Uzcategui

BaperaNews - Seorang mahasiswa jurusan seni di Seoul National University Korea Selatan mengaku memakan pisang yang ditempel dengan lakban di dinding karena kelaparan.

Padahal pisang dilakban tersebut merupakan karya seni ikonik karya seniman terkenal asal Italia Maurizio Cattelan yang harganya mencapai 120 ribu dollar AS atau Rp 1,7 Miliar.

Karya seni pisang dilakban tersebut dipamerkan dalam pameran tunggal Maurizio Cattelan WE di sebuah museum di Seoul hingga 16 Juli 2023 mendatang.

Usai memakan buah pisang di dalamnya, mahasiswa tersebut menempel kembali kulit pisang ke dinding, pihak museum kemudian mengganti isinya dengan buah pisang segar.

Ketika ditanya pejabat museum, mahasiswa itu mengaku kelaparan karena melewatkan sarapan. Menurutnya, apa yang ia lakukan tidaklah merusak karya seni, namun juga sebuah aksi seni.

“Saya pikir itu akan menarik, bukankah karya seni pisang dilakban itu untuk dimakan?” kata mahasiswa tersebut. Pisang yang menjadi karya seni diberi judul Comedian, terjual Rp 1,7 Miliar di Art Basel Miami Beach pada tahun 2019 lalu.

Baca Juga : Keren! Pisang Goreng Dinobatkan Sebagai Camilan Terlezat Sedunia

Sedangkan seniman Maurizio Cattelan dikenal sebagai musisi karya satir yang menentang budaya populer dan sering menjadi sumber perdebatan di dunia seni konseptual. Salah satu karyanya lain yang viral ialah toilet dari emas 18 karat seharga Rp 88 Miliar.

Juru bicara museum menyebut tidak ada tindakan khusus atau hukuman atas apa yang terjadi.

“Mahasiswa itu memberitahu kami bahwa dia memakan pisangnya karena lapar, itu terjadi tiba-tiba dan tidak ada tindakan khusus akan diberikan. Artis Maurizio Cattelan juga sudah diberitahu tentang kejadian ini dan dia tidak bereaksi” terang Jubir Museum.

Selama ini, karya seni pisang dilakban itu ditukar isinya tiap 2-3 hari dengan pisang segar dan memang tidak dijual, jadi menurutnya tidak masalah ada yang memakannya.

Insiden ini bukan juga pertama kalinya terjadi, sebelumnya artis pertunjukan David Datuna mengambil pisang yang diletakkan di Perrotin Art Basel Miami tahun 2019.

David bahkan melahapnya dengan cepat dan membuat penonton tercengang. Aksinya ia unggah di akun Instagramnya dan tidak terjadi masalah atau tindak lanjut serius.

Meski dirasa aneh bagi sebagian orang terutama mereka yang tidak berkecimpung di dunia seni, nyatanya pisang bermanfaat untuk para pecinta seni sebagai pajangan dan dianggap hasil karya yang bagus.

Baca Juga : 4 Khasiat Pisang yang Terbukti Secara Ilmiah