International Kissing Day Atau Hari Berciuman Diperingati Setiap 6 Juli, Ini Sejarahnya!

Setiap tanggal 6 Juli diperingati sebagai International Kissing Day atau Hari Berciuman untuk menunjukkan kasih sayang kepada siapapun. Simak sejarah dari hari berciuman!

International Kissing Day Atau Hari Berciuman Diperingati Setiap 6 Juli, Ini Sejarahnya!
Setiap tanggal 6 Juli diperingati sebagai International Kissing Day atau Hari Berciuman untuk menunjukkan kasih sayang kepada siapapun. Simak sejarah dari hari berciuman! Gambar : Pixabay.com/Dok. AdinaVoicu

BaperaNews - Kemarin, 6 Juli 2022 diperingati sebagai International Kissing Day atau Hari Berciuman. Meski sudah lewat sehari, peringatan International Kissing Day ini masih banyak dibicarakan di media sosial. Berdasarkan sejarah, Hari Berciuman pertama kali dirayakan di Inggris, bertujuan untuk mendesak semua orang di seluruh dunia untuk menunjukkan cinta kepada orang-orang yang mereka cintai.

Perlu kita ketahui, ciuman ialah bentuk ekspresi cinta yang paling banyak diberikan, untuk mengungkap betapa berartinya seseorang, bisa juga untuk menyampaikan banyak hal tanpa harus berkata apapun.

Ciuman di tangan atau dahi menunjukkan rasa cinta sekaligus hormat, misalnya kepada orang tua. Ciuman di pipi menunjukkan ketulusan kasih sayang dan siap berkorban, misalnya untuk anak. Sedangkan ciuman di bibir biasanya digunakan untuk menunjukkan ungkapan penuh kasih atau cinta yang mendalam kepada pasangan.

Sejarah Hari Berciuman atau International Kissing Day

Di masa lalu, orang Romawi menggambarkan ciuman menjadi tiga bentuk. Pertama Osculum yaitu kecupan ramah di pipi. Kedua Basium yakni ciuman penuh kasih di bibir. Dan ketiga Savium yakni ciuman di mulut.

Ciuman untuk pertama kalinya tertulis dalam Weda, kitab Sansekerta pada tahun 1500 SM. Tahun 800 – 900 SM, Homer menulis tentang Raja Priam yang menunjukkan rasa hormatnya dengan mencium tangan Achilles dan ia bersyafaat atas nama anaknya.

Baca Juga : Kronologi Arawinda Pemeran Film Yuni Dituding Pelakor, Istri Sah Beri Komentar Pedas

Sejak tahun 326 SM, setelah Alexander Agung ditaklukkan, praktik ciuman mulai menyebar ke barat. Dan pada tahun 1926, untuk pertama kalinya ciuman terbuka ditampilkan dalam film Flesh and The Devil oleh artis dan actor Greta Garbo dan John Gilbert.

Gagasan utamanya ialah karena dinilai banyak orang yang melupakan kebahagiaan sederhana terkait dengan memberi atau menerima ciuman. Atas hal tersebut, Hari Berciuman atau International Kissing Day mulai didirikan pada tahun 2006.

Sejak saat itu, banyak film dibuat dengan menyertakan adegan ciuman untuk memberi pesan kepada semua orang yang menonton bahwa kasih sayang bisa ditunjukkan dengan ciuman tersebut. Hingga saat ini, baik di Indonesia maupun mancanegara, banyak film atau serial yang menyertakan adegan ciuman sebagai penggambaran cinta antar pemain di dalamnya.

Meski Hari Berciuman atau International Kissing Day ialah waktu yang baik, namun hal itu bisa menimbulkan canggung, tentu saja perlu memberi persetujuan sebelum memberi kecupan, meski saling mencintai, tetap sopan ialah alasan terbaik untuk memastikan mereka bahagia.