Perang Bintang 2 Jenderal di Pilkada Jateng, Usai Megawati Resmi Usung Andika Perkasa

Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024.

Perang Bintang 2 Jenderal di Pilkada Jateng, Usai Megawati Resmi Usung Andika Perkasa
Perang Bintang 2 Jenderal di Pilkada Jateng, Usai Megawati Resmi Usung Andika Perkasa. Gambar : Dok. Gesuri

BaperaNews - Pilkada 2024 di Jawa Tengah semakin memanas dengan munculnya dua jenderal yang siap bertarung. Pada Senin, (26/8), di kantor DPP PDIP, Jakarta, Megawati Soekarnoputri secara resmi mengusung Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi, yang akrab disapa Hendi, sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. 

Pengumuman ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto.

"Dari provinsi Jawa Tengah Jenderal TNI Purnawirawan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi," ungkap Hasto.

Dengan dukungan dari PDIP, Andika dan Hendi tampak percaya diri saat memberikan salam hormat kepada para pendukung yang hadir. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah petinggi PDIP, termasuk putra Megawati, Prananda Prabowo.

Namun, persaingan di Pilkada 2024 tidak hanya melibatkan Andika dan Hendi. Koalisi Indonesia Maju juga telah mengusung mantan Kapolda Jateng, Komjen Pol Ahmad Luthfi, sebagai calon.

Dengan dua jenderal yang memiliki latar belakang militer dan kepolisian, Pilkada Jateng kali ini diprediksi akan menjadi ajang yang sangat kompetitif.

Baca Juga: Prabowo Buka Suara Usai Hubungannya dengan Jokowi Diisukan Retak

Menariknya, hasil survei terbaru menunjukkan bahwa elektabilitas para calon juga beragam. Survei Litbang Kompas yang dilakukan pada 20-25 Juni 2024 menunjukkan bahwa Kaesang Pangarep berada di posisi teratas dengan 7 persen, diikuti oleh Ahmad Luthfi dengan 6,8 persen.

Sementara itu, Hendrar Prihadi hanya mendapatkan 2 persen. Ini menunjukkan bahwa meskipun Hendi diusung oleh PDIP, tantangan yang dihadapi tidaklah mudah.

Di sisi lain, survei dari Lembaga ARCHI Research and Strategy menunjukkan hasil yang berbeda. Dalam survei ini, Hendrar Prihadi (Hendi) menempati posisi teratas dengan 23,21 persen, jauh mengungguli calon lainnya. Hadi Kusuma, CEO ARCHI, menyatakan bahwa lima provinsi besar seperti Jawa Tengah menjadi barometer suara nasional.

"Kami menelepon responden untuk opini publik," ujarnya. Ini menunjukkan bahwa Hendi memiliki dukungan yang kuat di kalangan pemilih.

Dengan berbagai hasil survei yang berbeda, jelas bahwa Pilkada 2024 di Jateng akan menjadi arena pertarungan yang menarik. Andika Perkasa dan Hendi harus bekerja keras untuk meraih dukungan dari masyarakat. 

Baca Juga: Partai Golkar Resmi Calonkan Andra-Dimyati untuk Pilgub Banten 2024