Manfaat Natto Untuk Kesehatan Tubuh

Makanan yang berasal dari fermentasi kacang kedelai kuning mengandung banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh manusia, berikut manfaat Natto.

Manfaat Natto Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Natto untuk kesehatan tubuh. Gambar : pixabay.com

BaperaNews - Natto merupakan salah satu makanan khas Jepang yang betekstur lengket, berwarna cokelat, dan memiliki aroma yang tajam. Namun dibalik itu, natto mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesejatan otak hingga jantung.

Makanan yang berasal dari fermentasi kacang kedelai kuning ini mengandung banyak probiotik, vitamin K2 dan senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Melalui proses fermenatsi kedelai menyebabkan, tekstur natto menjadi berlendir dan memiliki aroma asam yang tajam.

Di Jepang sendiri, natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap.

Berikut Manfaat Natto untuk Kesehatan Tubuh:

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Natto yang memiliki kandungan vitamin K2 dalam jumlah yang tinggi membuat natto bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Melalui sebuah studi yang dilakukan pada wanita premenopause menunjukkan bahwa asupan natto memang daoat meningkatkan pembentukan tulang. Selain itu, natto juga bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah perkembangan osteoporosis bagi wanita pasca menopause.

  1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Sebuah studi menemukan bahwa di dalam natto terdapat bakteri baik yang bisa melancarkan pencernaan. Bakteri tersebut adalah Bacillus Subtilis yang mampu mengobati peradangan mukosa di usus besar.

Selain itu, proses fermentasi yang dilalui oleh natto bisa mengurangi kadar antinutrisi, antinutrisi adalah senyawa yang berperan menghalangi penyerapan nutrisi tertentu sehingga menganggu pencernaan.

  1. Meningkatkan Imunitas

Bakteri Bacillus Subtilis yang terdapat dalam natto juga mampu merangsang sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari penyakit. Dalam studi tersebut dilakukan penelitian pada orang dengan usia lanjut. Ditemukan bahwa bakteri baik pada natto bagus untuk makrofrag atau sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa nattokinase dalam natto terdapat pada bagian yang lengket dan berserabut dalam makanan tersebut. Senyawa tersebut bagus untuk mengurangi pembukaan darah. Selain itu, nattokinase juga memiliki efek anti-koagulan, anti-aterosklerotik, dan neuroprotektif. Ketiga efek tersebut mampu berkontribusi pada kesehatan jantung.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Dengan rutin mengonsumsi natto juga bisa meningkatkan kesehatan otak. Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menyatakan adanya efek neuroprotektif dari produk kedelai yang difermentasi.

Makanan yang melalui proses fermentasi, salah satunya ialah natto. Makanan fermentasi dapat meningkatkan mikroba usus yang berdampak langsung pada fungsi kognitif.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Kacang kedelai mengandung isoflavon yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti gastrointestinal, prostat, dan kanker payudara. Kandungan vitamin K2 jua dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati.

Dalam penelitian Jepang lainnya, natto ditemukan memiliki efek antikarsinogenik. Laporan lain menyatakan bahwa kedelai dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat kanker perut.