Dunia Menuju Endemi Dari Covid-19, Apa Sih Bedanya Dengan Pandemi?

Dua tahun sudah pandemi Covid-19 menyerang berbagai belahan Dunia, kondisi pun semakin membaik yang menandakan dunia akan segera pulih dan menuju endemi!

Dunia Menuju Endemi Dari Covid-19, Apa Sih Bedanya Dengan Pandemi?
Dunia Menuju Endemi Dari Covid-19. Gambar: freepik.com

BaperaNews - Sudah lebih dari 2 tahun kita dilanda wabah virus Covid-19. Namun, perlahan situasi kian membaik, seperti saat ini pemerintah tengah menggalakkan vaksinasi Covid-19 sebagai langkah persiapan transisi pandemi menjadi endemi. Hal ini memunculkan pertanyaan soal istilah kesehatan pada masyarakat, seperti pandemi, endemi, dan epidemi.

Meski terdengar mirip, ketiganya merupakan kondisi atau situasi kesehatan yang berbeda. Karena itu, pemerintah memerlukan perhatian yang berbeda sebelum menerapkan status pandemi dan endemi. Simak perbedaan dan penjelasan status ketiga istilah tersebut, seperti yang dilansir dari Columbia Public Health.

Mengkutip dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mendeklarasikan status pandemi Covid-19 ketika pertumbuhan penyakit yang eksponensial. Ini berarti tingkat pertumbuhan meroket dan setiap hari kasus tumbuh lebih dari hari sebelumnya. Dinyatakan sebagai pandemi, virus tidak ada hubungannya dengan virologi, kekebalan populasi, atau keparahan penyakit. Artinya, virus mencakup wilayah yang luas, mempengaruhi beberapa negara dan populasi.

Baca Juga: Pandemi Mereda, Joyland 2022 Digelar Secara Langsung Maret Ini!

Sedangkan, endemi adalahi jika wabah penyakit terjadi secara konsisten tetapi terbatas pada wilayah tertentu. Hal ini membuat penyebaran penyakit dan tingkat dapat diprediksi. Malaria, misalnya, dianggap endemi di negara dan wilayah tertentu.

Namu Diutarakan Koordinator Substansi Penyakit Infeksi Emerging Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P Kemenkes RI Endang Budi Hastuti,  ia mengungkapkan skenario terburuk Indonesia belum bisa menuju endemi lantaran kemunculan varian baru Corona, saat kasus COVID-19 sebelumnya sudah mereda.

Berkaca pada apa yang terjadi di serangan Omicron, kasus COVID-19 yang sebelumnya sudah membaik, mendadak kembali melonjak dengan munculnya varian lebih mudah menular.

Masyarakat diharapkan sadar pentingnya penerapan protokol kesehatan minimal memakai masker saat keluar rumah. Karena sebuah virus bisa menjadi ancaman serius bila terjadi outbreak dan tidak ada upaya intervensi. 

Baca Juga: Penumpang Domestik Tak Perlu Hasil PCR Dan Antigen Mulai Hari Ini!