Instagram Luncurkan Fitur "Adding to a Post" untuk Permudah Pengguna Berkolaborasi

Platform Instagram baru saja meluncurkan fitur baru bernama "Adding to a post", yang memudahkan pengguna untuk berkolaborasi dengan teman.

Instagram Luncurkan Fitur "Adding to a Post" untuk Permudah Pengguna Berkolaborasi
Instagram Luncurkan Fitur Adding to a Post untuk Permudah Pengguna Berkolaborasi. Gambar : Unsplash/Solen Feyissa

BaperaNews - Instagram resmi meluncurkan fitur baru bernama "Adding to a post" yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan foto atau video ke dalam postingan feed yang diunggah oleh teman. 

Fitur baru ini berlaku untuk unggahan feed carousel, di mana pengguna dapat mengunggah banyak foto atau video sekaligus. 

Pengguna di Indonesia sudah bisa mencoba fitur baru ini melalui aplikasi Instagram versi 353.2.0.49.90 di ponsel Android mereka.

Sebelum peluncuran resmi, fitur kolaborasi ini telah diuji coba secara terbatas sejak Agustus 2023. Fitur "Adding to a post" muncul saat pengguna ingin mengunggah posting feed, tepatnya di bawah kolom caption.

Pengguna akan melihat opsi baru yang berbunyi "Allow others to add to this post" (Izinkan orang lain menambahkan ke postingan ini). 

Selain itu, terdapat pilihan untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara kerja fitur ini melalui keterangan "How it works."

Baca Juga : Kolaborasi Baru, Kini Pengguna Instagram Bisa Tambahkan Lagu ke Spotify

Ada beberapa poin penting yang perlu diketahui pengguna saat ingin menggunakan fitur baru Instagram ini.

  • Pertama, pengguna harus mengaktifkan fitur "Allow others to add to this post" agar teman-teman mereka dapat menambahkan foto ke postingan. Pengguna juga dapat mengakses fitur ini melalui opsi "Allow adding media" yang terdapat di titik tiga di setiap posting feed
  • Kedua, pengguna memiliki fleksibilitas untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur "Allow adding media" kapan saja sesuai kebutuhan.
  • Ketiga, foto atau video yang ditambahkan oleh teman tidak akan langsung muncul di postingan sampai pengguna memberikan persetujuan. Setelah disetujui, nama pengguna kolaborator akan ditampilkan di foto atau video yang ditambahkan.
  • Keempat, posting kolaborasi yang dibuat menggunakan fitur "Adding to a post" hanya akan muncul di profil pemilik posting, berbeda dengan fitur kolaborasi sebelumnya, "Invite collaborators," di mana posting akan muncul di seluruh akun yang berkolaborasi.
  • Kelima, kolaborator memiliki hak untuk menghapus foto atau video yang telah mereka tambahkan, dan hal ini juga berlaku untuk pemilik postingan yang dapat menghapus konten kapan saja.

Fitur baru Instagram ini sangat berguna bagi para konten kreator yang sering mengunggah konten kerja sama dengan kreator lain atau merek.

Dengan fitur "Adding to a post," proses kolaborasi menjadi lebih aktif karena masing-masing kreator dapat berkontribusi dengan menambahkan foto atau video ke dalam satu feed carousel yang sama.

Berbeda dengan fitur "Invite collaborators," di mana kreator hanya dapat menerima ajakan kolaborasi tanpa memiliki kemampuan untuk menambahkan konten.

Tidak hanya terbatas untuk konten kreator, fitur "Adding to a post" juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna umum.

Misalnya, pengguna dapat membuat kumpulan foto liburan bersama teman, foto perpisahan atau wisuda, serta berbagi foto dari acara resepsi pernikahan atau tunangan. 

Fitur ini menawarkan kemudahan bagi pengguna yang ingin berbagi momen-momen penting tanpa harus mengunggah ulang foto atau video yang telah diambil.

Satu lagi keuntungan dari fitur baru ini adalah pengguna dapat dengan cepat menambahkan foto atau video yang mungkin mereka lupakan untuk diunggah sebelumnya.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot-repot memilih foto atau video dari awal dan mengunggah ulang konten yang sama.

Sejak Agustus 2024, Instagram juga telah memperbesar kapasitas unggahan pada fitur carousel, di mana pengguna kini dapat mengunggah hingga 20 foto atau video dalam satu posting carousel.

Jumlah ini adalah dua kali lipat lebih banyak dibandingkan sebelumnya yang hanya memungkinkan sepuluh foto atau video dalam satu posting. Dengan adanya fitur baru ini, diharapkan pengguna dapat lebih kreatif dan efisien dalam berbagi konten di platform Instagram.

Baca Juga : Viral Isu Instagram Dikabarkan Akan Hapus Fitur Archive