MG M9 EV Terlihat di Dealer BSD, Kapan Diluncurkan di Indonesia?

MG Motor Indonesia mengonfirmasi kehadiran MPV listrik terbarunya, MG M9 EV, sudah terlihat di dealer baru mereka di BSD City, Tangerang. 

MG M9 EV Terlihat di Dealer BSD, Kapan Diluncurkan di Indonesia?
MG M9 EV Terlihat di Dealer BSD, Kapan Diluncurkan di Indonesia? Gambar : Dok. Aditya Pratama Niagara/Kumparan

BaperaNews - MG Motor Indonesia mengonfirmasi kehadiran MPV listrik terbarunya, MG M9 EV, yang sudah terlihat di dealer baru mereka di BSD City, Tangerang. 

Model ini sebelumnya diperkenalkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Februari 2024 dan dikenal juga dengan nama Maxus Mifa 9. Baik MG maupun Maxus berada di bawah naungan induk perusahaan SAIC Motor.

Dealer MG di BSD yang baru saja diresmikan pada Rabu (23/10), menjadi lokasi pertama di mana MG M9 EV dapat dilihat secara langsung oleh publik.

CEO MG Motor Indonesia, He Guowei, atau yang akrab disapa Alec, menjelaskan bahwa MPV ini memiliki potensi yang besar di pasar otomotif Indonesia. 

“MPV punya potensi yang besar di Indonesia. Yang bisa saya katakan adalah santai dan tunggu (untuk dijual resmi), mohon mengerti, kami butuh waktu untuk membahas strateginya secara internal,” ujarnya saat peluncuran dealer.

Meskipun informasi spesifik mengenai MG M9 EV belum sepenuhnya terungkap, model yang serupa telah dijual di Thailand. MG M9 EV dilengkapi dengan baterai berkapasitas 90 kWh, menawarkan daya tempuh hingga 540 kilometer.

MPV ini juga menawarkan konfigurasi tempat duduk untuk tujuh penumpang, di mana baris tengah dilengkapi dengan kursi VIP yang memiliki fungsi ottoman yang dapat dioperasikan secara elektrik.

Selain itu, atapnya juga didesain dengan panel kaca lebar, memberikan nuansa futuristik pada interior mobil ini.

Baca Juga : Dukung Sistem AI, Google Bangun 7 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Dealer MG di BSD City, yang merupakan dealer ke-30, menggandeng mitra jaringan Mimosa Abadi. Alec menyampaikan bahwa dealer ini memiliki fasilitas lengkap, bukan hanya sekadar 3S (Sales, Service, Spare-part), tetapi juga dilengkapi dengan area body and paint untuk kenyamanan pelanggan.

"MG Mimosa BSD adalah dealer dengan fasilitas lengkap, tak cuma 3S, tapi dilengkapi body and paint untuk kenyamanan customer. Dealer ini juga mengusung solar panel dalam penggunaan energi terbarukan," lanjut Alec.

Di dalam dealer tersebut, terdapat area showroom yang luas, bengkel dengan mekanik andal, dan area workshop untuk body repair serta pengecekan kualitas setelah pengecatan.

Selain itu, fasilitas pengisian daya baterai mobil listrik baik untuk AC maupun DC charging juga tersedia. Pengisian daya cepat dapat dilakukan dalam waktu sekitar 35 menit, untuk mengisi dari 10 hingga 80 persen.

Terkait dengan perkembangan jaringan dealer, Alec menyampaikan bahwa tahun lalu, MG Motor Indonesia hanya memiliki 15 dealer, dan saat ini telah mencapai 30 dealer

“Tahun lalu kami memiliki 15 dealer MG dan sekarang 30 dealer. Artinya, dalam sepuluh bulan kami bisa meningkatkan jumlah dealer walaupun situasi pasar kurang bagus. Tetapi peningkatan ini menunjukkan komitmen dan percaya diri kami,” ungkapnya.

Dengan penambahan dealer ini, MG Motor Indonesia menunjukkan keseriusan dalam mengembangkan jaringan distribusi dan layanan purna jual di Indonesia.

Hal ini juga menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk memperkenalkan produk-produk baru, termasuk MG M9 EV, yang diharapkan dapat menarik minat konsumen.

Sementara itu, peluncuran resmi MG M9 EV di Indonesia masih menunggu waktu. Alec meminta konsumen untuk bersabar, menunggu informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan dan strategi pemasaran MPV listrik ini.

Dengan semakin berkembangnya teknologi kendaraan listrik dan peningkatan kesadaran lingkungan, MG Motor Indonesia berharap MG M9 EV dapat menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi konsumen di Indonesia.

Baca Juga : Kominfo Jelaskan Alasan Apple Belum Buka Pabrik di Indonesia