Menyusul Steam Dan Yahoo, Paypal Dalam Waktu Dekat Bakal Daftar PSE!

Yahoo, Steam, Counter Strike, dan Dota sekarang sudah dibuka blokirnya oleh Kominfo, namun hingga saat ini Origin, Epic Games, dan PayPal masih diblokir atau dibuka sementara.

Menyusul Steam Dan Yahoo, Paypal Dalam Waktu Dekat Bakal Daftar PSE!
Kominfo buka akses Yahoo, namun kenapa PayPal hanya sementara. Gambar : reuters.com/Denis Balibouse

BaperaNews - Per hari Selasa (2/8), game Steam, Counter Strike, dan Dota resmi normal alias dibuka kembali. Dengan demikian, para gamer Indonesia bisa kembali main dan membeli game yang disukainya di Steam serta bisa kembali mencari penghasilan di platform tersebut.

Blokir terhadap Yahoo juga dibuka, hal ini diumumkan langsung oleh Kominfo. “Akses terhadap keempat sistem elektronik tersebut telah dinormalisasi sejak pukul 08.20 WIB hari ini, pengguna secara bertahap bisa mengakses layanan keempat PSE tersebut” ujar Jubir Kominfo Dedy Permadi (2/8).

Sebelumnya sejumlah platform popular dari asing memang diblokir Kominfo karena tidak mendaftar PSE hingga batas waktu yang ditentukan. Pembukaan blokir kini dilakukan setelah Kominfo berhasil berkomunikasi dengan pengelola platform-platform tersebut.

Sebelumnya Steam, Counter Strike, Dota, dan Yahoo diblokir pada (30/7) bersamaan dengan PayPal, Epic Games, dan Origin. Dengan adanya pembukaan tersebut, kini masyarakat bisa kembali menggunakannya seperti biasa. 

Namun sekarng berbeda nasib dengan Steam, Counter Strike, Dota, dan Yahoo yang kini sudah dibuka aksesnya dan bisa beroperasi kembali di Indonesia. Akan tetapi sampai saat ini Platform Origin, Epic Games, dan PayPal masih diblokir karena belum mendaftarkan diri.

Baca Juga : Pelaku Industri Game Lokal Komentari Kominfo Blokir Steam

Khusus untuk PayPal, dilakukan pembukaan blokir untuk sementara pada 1 - 5 Agustus 2022 agar masyarakat bisa migrasi dana dan tidak kehilangan uangnya. Dedy juga menurutkan PayPal saat ini sudah proses pendaftaran, jadi kemungkinan akan kembali dibuka blokirnya.

Kominfo juga telah berhasil berkomunikasi dengan pihak PayPal, pihak PayPal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat. Kami optimis PayPal akan mendaftar dalam waktu dekat” imbuhnya.

“PayPal sudah ada korespondensi, barusan kami terima email yang menyebutkan bahwa mereka segera mendaftar, ini menjadi prioritas mereka untuk melakukan penyelesaian pendaftaran” Sambung Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani (2/8).

“Selain mendaftar PSE, PayPal juga harus mematuhi semua syarat yang ada di sektor keuangan” jelasnya.

Semua platform yang beroperasi di Indonesia baik itu lokal maupun asing memang harus mendaftar PSE Lingkup Privat Kominfo. Jika pendaftaran berhasil dilakukan dengan data yang benar sesuai aturan Kominfo, platform yang diblokir akan dibuka kembali dan bisa kembali beroperasi di Indonesia.

Baca Juga : Waduh! Situs PSE Di Incar Hacker, Kominfo Curhat Terima Jutaan Serangan Siber Per Hari