Simak Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di Aplikasi SATUSEHAT

Aplikasi PeduliLindungi kini resmi berubah menjadi SATUSEHAT, berikut cara cek sertifikat vaksin Covid-19 di aplikasi SATUSEHAT.

Simak Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di Aplikasi SATUSEHAT
Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di Aplikasi SATUSEHAT. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Aplikasi PeduliLindungi sudah resmi ditiadakan dan berganti menjadi SATUSEHAT mulai Rabu (1/3). Masyarakat sudah bisa update dan membuka SATUSEHAT melalui aplikasi Play Store atau App Store di perangkat masing-masing.

Terdapat sejumlah perubahan pada transisi aplikasi ini, tidak hanya dari segi nama, namun juga letak fitur di dalamnya dan isinya. Salah satu yang berubah ialah lokasi sertifikat vaksin Covid-19. Sebagaimana diketahui setiap masyarakat yang telah vaksin Covid-19 dosis berapapun akan mendapat sertifikat vaksin Covid-19 sebagai bukti.

Sertifikat vaksin Covid-19 tersebut hingga saat ini masih diperlukan untuk berbagai urusan administrasi, mulai dari syarat perjalanan, melamar pekerjaan, melamar studi, dan lainnya. Di PeduliLindungi, sertifikat vaksin berada di halaman awal atau beranda aplikasi.

Namun beda dengan aplikasi PeduliLindungi, di halaman depan tidak ada sertifikat vaksin Covid-19. Sertifikat vaksin Covid-19 bisa didapat di menu lainnya. Berikut cara cek sertifikat vaksin Covid-19 di SATUSEHAT.

Baca Juga : Catat! Begini Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di SATUSEHAT : 

  1. Buka aplikasi SATUSEHAT di ponsel. Pastikan telah mendaftar sebelumnya. Login dengan nomor telepon atau email yang dulunya dipakai di aplikasi PeduliLindungi.
  2. Setelah login, pilih menu Vaksin dan Imunisasi yang berada di halaman awal.
  3. Klik Vaksin Dewasa dan ikon profilnya.
  4. Akan muncul halaman yang berisi data sertifikat vaksin digital dari semua tahap vaksin yang sudah pernah dilakukan pengguna.
  5. Sertifikat tersebut bisa dipakai sebagai bukti telah vaksin jika sewaktu-waktu membutuhkan untuk keperluan administrasi atau perjalanan.
  6. Unduh sertifikat dengan klik Unduh Sertifikat.
  7. Sertifikat yang telah didownload akan masuk pada folder ponsel Anda.

SATUSEHAT sendiri sebenarnya hampir sama dengan PeduliLindungi, sama-sama aplikasi tentang kesehatan. Namun SATUSEHAT lebih luas cakupannya, tidak hanya berhubungan dengan Covid-19 semata namun juga terdapat menu kesehatan secara umum hingga rekam medik.

Pada Rabu (1/3) aplikasi SATUSEHAT sempat mengalami error, pengguna yang login tidak bisa masuk, muncul keterangan “terjadi kesalahan, coba lagi”.

Gangguan tersebut menurut Vice President Public Relations PT KAI Persero terjadi karena banyaknya kunjungan atau traffic. Namun kini aplikasi sudah bisa dipakai kembali dengan lancar. Pengguna yang butuh untuk melihat sertifikat vaksin atau melihat data kesehatan umum lainnya bisa melakukannya dengan mudah.

Baca Juga : Simple! Begini Cara Top Up E-Money Lewat DANA