Mirip Instagram, WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Status WA yang Bisa Mention Teman

WhatsApp segera meluncurkan fitur mention di Status, memungkinkan pengguna menandai kontak lain. Fitur ini hadir di versi beta dan mirip dengan Instagram Stories.

Mirip Instagram, WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Status WA yang Bisa Mention Teman
Mirip Instagram, WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Status WA yang Bisa Mention Teman. Gambar : Unsplash/Dimitri Karastelev

BaperaNews - WhatsApp dikabarkan akan segera meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa menyebut atau "mention" kontak lain dalam status mereka. Ini tentu mirip dengan fitur di Instagram Stories. 

Fitur ini pertama kali muncul dalam pembaruan WhatsApp Beta versi 2.24.20.3 pada Maret 2024, dan kembali dibahas dalam laporan terbaru dari GSM Arena yang mengutip informasi dari WABetaInfo.

Dalam pembaruan tersebut, fitur mention akan ditampilkan melalui ikon “@” yang membuat pengguna menandai kontak lain dalam Status WhatsApp mereka.

Kontak yang disebut akan menerima notifikasi khusus yang memberi tahu mereka tentang mention tersebut, dan mereka memiliki opsi untuk me-repost atau membagikan ulang konten tersebut dengan mention tetap ada.

Meskipun fitur mention ini mirip dengan yang ada di Instagram Stories, ada perbedaan signifikan terkait privasi. Di Instagram, ketika sebuah story di-repost, pembuat aslinya dapat diketahui oleh pengguna lain.

Baca Juga: WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Transfer Chat Menggunakan Kode QR

Namun, di WhatsApp, informasi mengenai pembuat asli status yang di-repost akan disembunyikan. Hanya kontak yang disebut dalam status tersebut yang dapat melihat kontennya, sementara kontak lain tidak akan mendapatkan informasi mengenai pembuat aslinya.

Selain itu, WhatsApp memberikan akses kepada pengguna yang disebut dalam status untuk membagikan ulang konten tersebut ke kontak lain, baik itu foto maupun video.

Namun, meskipun status tersebut di-repost oleh kontak yang disebut, pembuat asli status akan tetap dapat melihat jika konten mereka dibagikan ulang, bahkan jika mereka telah membatasi kontak tertentu untuk melihat status mereka.

Fitur mention pertama kali dirancang pada Maret 2024, dan muncul kembali dalam pembaruan WhatsApp Beta versi 2.24.20.3.

Para pengguna WhatsApp yang tertarik untuk mencoba fitur WhatsApp ini lebih awal dapat mendaftar ke program Beta WhatsApp. Melalui program ini, pengguna dapat mengakses pembaruan sebelum fitur tersebut secara resmi dirilis kepada publik.

Baca Juga: WhatsApp Business Banyak Fitur AI yang Diluncurkan Meta