YouTube Resmi Luncurkan Youtube Shopping Affiliates

YouTube secara resmi meluncurkan fitur YouTube Shopping Affiliates di Indonesia, bekerja sama dengan Shopee.

YouTube Resmi Luncurkan Youtube Shopping Affiliates
YouTube Resmi Luncurkan Youtube Shopping Affiliates. Gambar : Ilustrasi Canva

BaperaNews - YouTube secara resmi memperkenalkan fitur YouTube Shopping Affiliates di Indonesia pada Rabu (25/9), bekerja sama dengan Shopee sebagai mitra pertama. 

Program ini bertujuan memfasilitasi transaksi belanja online di Indonesia yang terus berkembang pesat, serta membuka peluang bagi konten kreator untuk menghasilkan pendapatan tambahan melalui video mereka.

Program ini hadir di tengah pertumbuhan signifikan e-commerce di Indonesia. Menurut proyeksi, nilai transaksi bruto (GMV) belanja online di Indonesia diperkirakan mencapai USD 110 miliar pada 2025 dengan pertumbuhan e-commerce mencapai 15 persen per tahun.

Laporan eConomy menyebutkan, Indonesia bahkan bisa menjadi pemimpin dalam ekonomi digital di Asia Tenggara. Kehadiran YouTube Shopping Affiliates menjadi bagian dari upaya untuk memperkuat peran tersebut.

Pada tahun 2023, pengguna YouTube di seluruh dunia telah menonton lebih dari 30 miliar jam video terkait belanja. Hal ini menunjukkan bahwa banyak konsumen yang percaya pada rekomendasi konten kreator dan ingin mendapatkan ulasan serta demonstrasi produk secara otentik sebelum memutuskan untuk membeli.

Menurut survei yang dilakukan oleh Kantar, sebanyak 96 persen pengguna YouTube meluangkan waktu ekstra untuk menonton video online guna mencari informasi produk sebelum membeli. Ini membuktikan peran penting YouTube dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Dengan diluncurkannya YouTube Shopping Affiliates, YouTube memberikan kesempatan besar bagi konten kreator untuk memanfaatkan platform mereka sebagai sumber penghasilan baru.

Konten kreator dapat merekomendasikan produk di video mereka dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan melalui tautan afiliasi.

General Manager dan Vice President Shopping YouTube, Travis Katz, menyatakan antusiasmenya atas peluncuran program ini di Indonesia setelah sukses sebelumnya di Amerika Serikat dan Korea.

Katz yakin bahwa para konten kreator di Indonesia akan memanfaatkan fitur YouTube Shopping ini secara kreatif dalam konten belanja mereka. Hal ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi komunitas kreator sekaligus memperkuat ekosistem belanja online di Indonesia. 

"Kami yakin konten kreator Indonesia akan menggunakan fitur ini dengan kreatif dalam konten belanja mereka, dan kami berharap dapat melihat dampak positifnya bagi komunitas kreator dan ekosistem belanja online di Indonesia," ujar Travis.

Baca Juga : Iklan di YouTube Semakin Banyak Muncul Saat Video di Pause

Di sisi lain, Shopee sebagai mitra perdana dalam program ini juga melihat peluang besar bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, menyampaikan rasa senangnya bisa bekerja sama dengan YouTube.

"Dengan YouTube Shopping Affiliates, para pelaku UMKM dan brand lokal akan semakin mudah untuk menjangkau pembeli," kata Monica.

Monica menambahkan, pembeli dapat dengan mudah mulai berbelanja sambil menonton konten kreator favorit mereka.

Produk-produk yang ditampilkan dalam video akan tersedia di bagian deskripsi dan bagian "Produk" pada video, sehingga pembeli dapat dengan cepat menemukan informasi lengkap dan diarahkan ke halaman penjualan eksternal untuk melakukan pembelian. 

Fitur ini diharapkan memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi, sekaligus membantu penjual untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Direktur Regional APAC YouTube, Ajay Vidyasagar, menekankan bahwa peluncuran YouTube Shopping Affiliates merupakan bagian dari komitmen YouTube untuk terus memberdayakan komunitas konten kreator dengan peluang monetisasi yang beragam.

Program ini diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui kontribusi konten kreator yang menampilkan produk-produk baru kepada audiens yang lebih luas.

"Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan penggemar mereka, menampilkan produk-produk baru, dan menghasilkan pendapatan tambahan," kata Ajay.

Selain itu, Ajay juga menyebutkan bahwa YouTube akan terus berkomitmen meningkatkan pengalaman berbelanja di platform mereka, agar semakin relevan dan mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Salah satu kreator YouTube yang bergerak dalam video lifestyle dan entertainment, Wisnu Trijaya, juga mengapresiasi program ini. Menurut Wisnu, YouTube Shopping Affiliates membuka peluang besar bagi kreator seperti dirinya untuk memperkenalkan produk favorit kepada khalayak yang lebih luas.

"Sebagai pemilik bisnis kecil, program ini membuka peluang besar untuk memperkenalkan produk saya kepada khalayak yang lebih luas dan berkolaborasi dengan kreator lain," ujarnya.

Untuk para konten kreator dan brand yang ingin mengikuti program ini, langkah pertama adalah mendaftarkan diri dan usaha yang sudah terdaftar di Shopee.

Setelah memenuhi persyaratan kelayakan, kreator dapat mempelajari lebih lanjut mengenai program YouTube Shopping Affiliates dan mendaftar melalui YouTube Studio.

Program ini dirancang agar fleksibel, memungkinkan kreator menandai produk di video lama atau video baru, bahkan menyematkan produk selama live streaming berlangsung.

Baca Juga : Youtube Punya Fitur Baru, Bisa Bagikan Channel Melalui QR Code